25 C
Makassar
Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaMetropolis270 Korban Gempa Palu Mendarat di Makassar, 47 di Antaranya WNA

270 Korban Gempa Palu Mendarat di Makassar, 47 di Antaranya WNA

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Sebanyak 270 orang korban Gempa dan Tsunami Palu tiba di Bandara Lanud Sultan Hasanuddin, Senin (1/10/2018). 47 di antaranya adalah warga negara asing.

Kepala penerangan dan perpustakaan Lanud Sultan Hasanuddin, Mayor (Sus) Henny Purwani, mengatakan bahwa meski sempat ada ketegangan di Bandara Mutiara Sis Aljufri dan menyebabkan dua unit Hercules tidak bisa mengangkut.

Namun, setelah diberi penjelasan masyarakat akhirnya paham dan dua Hercules mengangkut ratusan masyarakat dan berhasil mendarat di Lanud Sultan Hasanuddin sekitar pukul 14.15 Wita.

BACA: Bapenda Sulsel Donor Darah untuk Palu

“Warga asing ini diangkut dengan dua Hercules dari Palu ke Makassar dan mendarat di Lanud Hasanuddin pukul 14.15 Wita,” katanya, saat dikonfirmasi.

47 orang warga negara asing yang diangkut merupakan mahasiswa yang berasal dari Thailand. Mereka terdampak bencana gempa bumi Palu sehingga, ikut diangkut oleh Hercules.

BACA: Ribuan Warga Kepung Bandara, Pesawat Batal Berangkat Dari Palu

Tidak hanya itu, warga negara asing yang ikut juga berasal dari China, United States Amerika, Kanada, dan Papua New Guinea, serta orang warga negara Timor Leste.

“Setelah tegang siang tadi. Dan pihaknya memberikan keterangan dan penjelasan terhadap mereka sehingga dua hercules bisa diberangkatkan,” jelasnya.

BACA: 5 Personel Gabungan Tim Inafis Polri Diterjunkan ke Palu

Rombongan mahasiswa tersebut di jemput oleh atase udara Tailand untuk Indonesia, Kolonel Prapas dan atase Darat Thailand untuk Indonesia, Kolonel Pakorn.

Serta Duta besar Thailand untuk indonesia Mr. Charnbhumidol
dan Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bowo Budiarto.

Penulis: M. Syawal
BACA JUGA :  Anak Korban Gempa Palu Mulai Bersekolah
spot_img

Headline