32 C
Makassar
Rabu, September 28, 2022
BerandaHealth4 Penyakit Ini Sering Mengintai di Musim Hujan Bersama Banjir

4 Penyakit Ini Sering Mengintai di Musim Hujan Bersama Banjir

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Musim hujan menjadi salah satu masa di mana daya tahan tubuh rentan menurun. Sehingga, musim ini juga patuut diwaspadai, terutama soal gangguan kesehatan yang mungkin akan timbul.

Lantas, penyakit apa saja sih yang harus diwaspadai saat musim hujan dan disertai banjir? Dilansir dari halodoc.com, berikut jenis penyakitnya:

Influenza

Sebenarnya, penyebaran virus flu di negara kita tidak mengenal bulan atau musim tertentu. Secara epidemiologi, sirkulasi virus influenza di Indonesia selalu ada tiap tahunnya. Berbeda dengan di negara Amerika Serikat dan Australia, di kedua negara tersebut sirkulasi virus flu mencapai puncaknya pada musim dingin.

Virus flu ini sering meningkat kasusnya di musim pancaroba dan hujan. Penyebabnya belum diketahui pasti, tapi ada dugaan di masa tersebut sistem imun tubuh terhadap penyakit atau virus jadi berkurang.

Virus penyebab penyakit flu ini dapat dengan mudah menyebar melalui udara atau air ludah. Virus penyebab penyakit ini pun dapat dengan mudah bermutasi setiap waktu, sehingga sistem imunitas tubuh sulit mendeteksi virus yang satu ini. Karena sulitnya sistem imun tubuh mendeteksi virus influenza ini, maka tubuh cenderung lebih mudah terkena flu.

Lalu, bagaimana cara mencegah flu di musim penghujan? Perkuatlah sistem imun. Misalnya dengan mengonsumsi makanan bergizi secara teratur, rutin berolahraga, menjaga gaya hidup sehat, dan istirahat yang cukup.

Selain itu, apabila diperlukan kita dapat mengonsumsi suplemen vitamin C untuk memperkuat daya tahan tubuh dalam melawan virus penyebab influenza.

Demam dengue

Data dari WHO berjudul Flooding and Communicable Diseases Fact Sheet menunjukkan, demam dengue merupakan penyakit yang rentan terjadi di musim penghujan, terutama saat banjir terjadi.

Awas, demam dengue ini bisa menyebabkan komplikasi yang fatal. Contohnya, menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah. Singkat kata, bila tidak segera ditangani, demam dengue bisa mengancam nyawa. Alasannya bisa menyebabkan demam berdarah dengue (DBD).

Seseorang yang mengidap DBD bisa mengalami muntah secara terus-menerus, perdarahan pada hidung dan gusi, darah pada urine, nyeri perut, cepat lelah, hingga sulit bernapas dan syok.

Tifus
Penyakit di musim hujan lainnya yang mesti diwaspadai contohnya tifus. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi dan menyebar lewat makanan yang terkontaminasi. Umumnya, penyakit ini sering ditemukan di negara-negara berkembang.

Seseorang yang mengidap penyakit ini bisa mengalami beragam gejala. Mulai dari demam, sakit kepala, sakit perut, konstipasi, atau diare. Jangan main-main dengan infeksi Salmonella karena apabila sudah memasuki aliran darah (bakteremia), maka ia dapat menginfeksi jaringan di seluruh tubuh kita, termasuk jaringan di sekitar otak dan sumsum tulang (meningitis), lapisan jantung atau katup jantung (endokarditis), dan tulang atau sumsum tulang (osteomielitis).

Diare

Selain tiga penyakit di atas, diare merupakan penyakit di musim hujan yang juga mesti diwaspadai. Meski kelihatannya sepele, diare yang tidak kunjung sembuh (diare kronis) bisa berbahaya, lho. Diare umumnya disebabkan karena konsumsi makanan yang telah terkontaminasi virus, parasit, atau bakteri.

Bagaimana dengan diare di musim hujan? Penyebabnya bisa terjadi karena serangan bakteri salmonella, cholera, dan shigella. Biasanya diare hanya berlangsung selama beberapa hari, tapi bisa juga berminggu-minggu. Nah, segeralah temui dokter bila diare tidak kunjung sembuh.

spot_img

Headline