28 C
Makassar
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaDaerah411 Cakades Gelombang Kedua di Bone Tandatangani Pakta Integritas

411 Cakades Gelombang Kedua di Bone Tandatangani Pakta Integritas

PenulisYusnadi
- Advertisement -

BONE,SULSELEKSPRES.COM – Bupati Bone DR. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si didampingi Wakil Bupati Drs. H. Ambo Dalle, M.M bersama Sekretaris Daerah Bone Drs. H. Andi Islamuddin, M.H menyaksikan Penandatanganan Pakta Integritas Calon Kepala Desa di 141 Desa se- Kabupaten Bone, yang berlangsung di Ballroom Hotel Novena, Kamis (3/10/2022).

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Kapolres Bone, Perwakilan Dandim 1407 Bone, Danyon C Brimob Bone, perwakilan Kajari Bone, Kepala Kantor Kemenag Bone, Kepala OPD terkait, para Camat serta tamu undangan lainnya.

Bupati Bone, H Andi Fahsar mengatakan bahwa hal ini menjadi momentum silaturahmi. Kegiatan ini dilakukan bukan untuk digurui, tetapi untuk diingatkan.

BACA JUGA :  Sekda Bone Senam Gembira Bersama Atlet Porprov XVII

“Kita inginkan komitmen bukan hanya skadar kata-kata dan basa basi tetapi dibubuhi tanda tangan dalam bentuk pakta integritas,” katanya.

Lebih lanjut, kata Bupati Bone dua periode ini menambahkan, pakta integritas itu otomatis menjadi kontrak antara cakades dan seluruh element terkait dalam Pilkades.

“Sebab tidak semua terpilih, pasti ada yang tidak terpilih, maka harus disadari, bahwa akan ada hal terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Makanya diantisipasi dengan hal itu, kalau sudah komitmen insyaallah hasilnya akan baik,” tambahnya.

Menurut, A Fahsar menerangkan, ada 427 yang mendaftar, dari 427 pendaftar, hanya 421 lulus berkas dan dinyatakan ikut seleksi, dari 421 orang karena ada lebih dari lima calon, sehingga menghasilkan calon kepala desa jumlahnya 411.

BACA JUGA :  Bupati Bone Hadiri Rakornas Pengendalian Inflasi Kemendagri Secara Virtual

Ditegaskannya, hal yang perlu dijaga adalah keamanan sebab Kabupaten Bone, selalu dianggap sukses melaksanakan Pilkades utamanya pada periode sebelumnya, dimana ada 177 pilkades dilaksanakan dengan baik aman dan damai.

“Diharapkan seluruh calon mengedepankan etika politik yang bersih dan mejunjung nilai-nilai demokras, jangan main uang atau money politik,” tegasnya.

Ia pun meminta kepada semua calon yang tidak terpilih untuk bersama-sama membangun desa bersama desa terpilih. Bagaimana menuangkan visi misi kepada kepala desa terpilih.

“Semua calon harus siap menerima pelaksanaan pilkades dan ujungnya siap terpilih dan tidak terpilih. Kita mau yang terpilih nanti bisa menjadikan lawannya sebagai kawan untuk memajukan desa,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bone, Andi Gunadil Ukra mengungkapkan hal ini dilakukan untuk mendapatkan pernyataan sikap seluruh Cakades dalam mewujudkan pilkades yang damai.

“Untuk keseluruhan jumlah peserta ada 411 Cakades dari 141 Desa dan 23 Kecamatan, untuk jumlah TPS ada 433,” ungkapnya.

spot_img

Headline

Populer