31 C
Makassar
Monday, May 27, 2024
HomeDaerah5.300 Kelompok Tani Bone Ramaikan Jambore Petani

5.300 Kelompok Tani Bone Ramaikan Jambore Petani

- Advertisement -

BONE, SULSELEKSPRES.COM – Jambore Petani Kemah Bakti Saka Taruna Bumi 2024 yang berlangsung di Desa Kajaolaliddong, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone berlangsung meriah.

Ajang jambore petani ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Jadi Bone, yang diikuti 5.300 kelompok tani. Dimana, event ini digelar di Bumi Perkemahan Bakke Desa Kajaolalliddong, Kecamatan Barebbo, Sabtu, (27/4/2024).

Ajang Jambore Petani mengusung tema “Saya Pemimpin, Petani Juara, Bone Sejahtera”.

Dalam kesempatan tersebut, Jambore pertanian resmi dibuka Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone, Andi Asman Sulaiman.

Bahkan juga turut dihadiri Mantan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Dirjen Holtikultura Kementan, Direktur Polbantan, unsur Forkopimda, Camat, Kepala Desa, Kepala BPP, dan hadir pula Jajaran TNI/Polri.

Kegiatan ini semakin semarak dengan hadirnya artis ibu kota yakni Selfi Yamma. Jebolan Liga Dangdut Indonesia (LIDA) yang bakal menghibur ratusan peserta jambore pertanian dan khusus masyarakat disekitar lokasi Sabtu malam.

Jambore petani bekerjasama dengan sakataruna bumi. Pada gelaran tersebut juga dipamerkan beragam kuliner khas dari 27 kecamatan yang dipamerkan melalui masing-masing Balai Penyuluh Pertanian (BPP).

Mantan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, atau yang akrab disapa (ANDALAN), mengapresiasi ajang jambore petani. Menurutnya, ajang ini bukan hanya menjadi momentum bagi para petani untuk bertukar pengalaman, tetapi juga sebagai salah satu penggerak ekonomi masyarakat, khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Kita apresiasi jambore petani. Semangat teman-teman pertanian BPP. Inovasi hebat menggerakkan UMKM,” ucapnya.

Pada upacara pembukaan dipimpin oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone, Andi Asman Sulaiman menekankan semangat kolaborasi untuk mewujudkan kesejahteraan bersama melalui sektor pertanian.

“Targetnya adalah menjadikan Bone sebagai daerah yang memiliki kemandirian pangan,” kata adik Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman ini.

Lebih lanjut, Andi Asman Sulaiman juga menyampaikan acara Jambore Petani Kemah Bakti Saka Taruna Bumi 2024 juga dirangkaikan dengan beberapa kegiatan menarik seperti Rembuk Tani, Jalan Santai, Anti Mager, Lomba Kuliner, Lomba Produk UMKM dan Lomba Olahraga Tradisional. Malam harinya, artis ibu kota berdarah Bugis, Selfi Yamma, turut hadir menyemarakkan acara dan menghibur para peserta.

“Lebih dari 5.300 peserta hadir dalam kegiatan Jambore ini, yang dianggap sebagai wadah untuk menyatukan persepsi dalam rangka mewujudkan keberlangsungan pertanian di Kabupaten Bone hingga tingkat nasional,” lanjutnya.

Ia juga menyebutkan, gelaran jambore Petani merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Bone (HJB) ke 694.

“Perayaan HJB telah menjadi agenda rutin Dinas TPHP, namun kali ini diisi dengan kegiatan yang lebih bermakna dengan mengajak seluruh petani Kabupaten Bone untuk berkumpul dalam Jambore Petani,” sebutnya.

Mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan ini juga mengatakan bahwasannya jambore pertanian menjadi semangat untuk bersama-sama mewujudkan kemandirian pangan di Kabupaten Bone.

Termasuk, lanjut kata Asman, menjadi komitmen jajaran Dinas Pertanian Bone mewujudkan cita-cita Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, menjadikan Indonesia Lumbung Pangan Dunia.

H. Andi Asman Sulaiman juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri Pertanian atas dukungannya sehingga program ini dapat berjalan dengan lancar.

Diberitakan sebelumnya, Ajang Jambore Petani yang akan diikuti oleh sekira 7 ribu kelompok tani mendapat dukungan luas, terutama dari pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bone.

Perhelatan ini dipastikan akan menjadi momen penting dalam meningkatkan perputaran ekonomi di wilayah julukan Bumi Arung Palakka, Kota Beradat.

Ajang Jambore Petani bakal berlangsung di Bumi Perkemahan Bakke, Desa Kajaolalliddong, Kecamatan Barebbo pada tanggal 27 hingga 28 April 2024. Keberadaan ribuan peserta di acara ini diyakini akan mendorong peningkatan pendapatan para pelaku UMKM yang berjualan di lokasi kegiatan tersebut.

Salah satu pelaku UMKM, Hera, mengatakan kesiapannya untuk meramaikan Jambore Petani dengan menyediakan aneka penganan dan minuman.

“Acara ini harus kita support. Kegiatan seperti ini yang mengumpulkan banyak orang, menjadi ladang pendapatan bagi kami pelaku usaha kecil di Bone,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Suradi, yang sehari-harinya berjualan pakaian di pasar tradisional di Bone. “Inovasi cerdas dari panitia membangkitkan UMKM di Bone. Kita tentu sangat mendukung kegiatan seperti ini,” ucapnya.

Bahkan, tidak hanya itu, ajang tersebut juga menjadi berkah bagi pelaku usaha binaan program Yess penerima hibah kompetitif (HK). Mereka berharap dapat meningkatkan omzet penjualan mereka melalui kehadiran ribuan pengunjung yang datang dalam Jambore Petani.

Pada ajang Jambore Petani nanti, juga akan ditampilkan potensi sektor usaha pertanian kecamatan melalui Balai Penyuluhan Pertanian (BPP). Hal ini disambut baik oleh tokoh masyarakat setempat, H. Ambo.

“Melalui Jambore Petani, peserta maupun warga yang hadir bisa mendapatkan banyak ilmu terkait mekanisasi pertanian di Bone. Cara bercocok tanam yang baik akan berujung pada peningkatan produksi pangan di daerah ini,” kata H. Ambo.

Diharapkan, melalui ajang ini, tidak hanya terjadi pertumbuhan ekonomi, namun juga peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi para petani dan pelaku UMKM di Kabupaten Bone. Acara ini diharapkan menjadi momentum penting dalam mendorong kemajuan sektor pertanian dan UMKM di daerah tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Bone, Andi Asman Sulaiman, mengumumkan bahwa gelaran Jambore Petani Kabupaten Bone akan semakin meriah dengan hadirnya artis ibu kota, Jawara Liga Dangdut Indonesia, Selfi Yamma.

“Insya Allah untuk kesiapan acara sudah mencapai 90 persen. Kita juga sudah kantongi rekomendasi dari Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone, Ini akan menjadi suatu acara yang sangat meriah,” ucapnya kepada sulselekspres.com, Jumat, (26/4/2024).

Lebih lanjut Adik Kandung Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman menjelaskan kalau gelaran Jambore Petani ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Bone (HJB) ke-694.

“Perayaan HJB telah menjadi agenda rutin Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, namun kali ini diisi dengan kegiatan yang lebih bermakna dengan mengajak seluruh petani Kabupaten Bone untuk berkumpul dalam Jambore Petani. Selain menghadirkan artis ibu kota, acara ini juga akan menampilkan berbagai kegiatan menarik dan bermanfaat bagi petani Kabupaten Bone,” jelas mantan Camat Barebbo ini.

Yusnadi

spot_img

Headline

Populer

spot_img