28 C
Makassar
Kamis, Oktober 6, 2022
BerandaRagam5 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol

5 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Pada saat perayaan hari raya Iduladha, konsumsi daging kambing atau sapi pada masyarakat Indonesia meningkat. Walau konsumsi daging merah ini juga bisa menyehatkan tubuh, namun seseorang tetap harus memperhatikan efek buruk yang dapat muncul.

Cara yang harus diperhatikan untuk mengurangi dampak buruk daging merah ini adalah memilih cara masak yang benar-benar tepat. Selain itu, pola konsumsi dari daging merah ini juga harus diperhatikan.

BACA: Sebaiknya Berhenti, Ini Kaitan Antara Rokok Dengan kolesterol

Hal lain yang juga identik dengan konsumsi daging merah adalah munculnya kolesterol tinggi. Untuk menangani masalah ini, sejumlah tindakan bisa kita lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol.

Terdapat sejumlah makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh seseorang. Dikumpulkan dari berbagai sumber,

Berikut 5 makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol pada tubuh:

Alpukat

Alpukat dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan juga menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat). Buah ini mengandung beta-sitosterol yang dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan.

Bawang Putih

Terdapat sejumlah manfaat dari bawang putih, mulai dari membantu menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh dari infeksi. Bawang putih juga mencegah partikel kolesterol menempel di dinding arteri.

Apel

Apel adalah sumber serat larut yang disebut pektin, yang dapat membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat). Penelitian juga menunjukkan bahwa makan satu buah apel atau lebih sehari dapat memperlambat oksidasi LDL. Hal itu karena adanya kandungan polifenol yang ditemukan terutama pada kulit apel.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi tubuh termasuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Minyak ini berisi asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh tanpa menurunkan kadar kolesterol baik.

BACA JUGA :  Kenali Makanan Tinggi Kolesterol Sering Dikonsumsi

Jus Jeruk

Konsumsi dua gelas jus jeruk merupakan salah satu solusi dalam mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Jus jeruk bisa membantu menormalkan kolesterol serta membuat aliran darah selalu sehat.

spot_img

Headline