27 C
Makassar
Saturday, June 22, 2024
HomeOlahraga5 Manfaat Olahraga Yoga Saat Puasa

5 Manfaat Olahraga Yoga Saat Puasa

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Olahraga saat puasa justru dianjurkan, karena bisa membuat tubuhmu jadi lebih sehat.

Selain aman dilakukan saat puasa, olahraga yang memadukan latihan fisik, mental, dan spiritual ini juga dapat memberikan manfaat kesehatan, seperti:

Meningkatkan kualitas tidur

Saat puasa, pola tidur bisa saja berubah. Hal ini karena kamu perlu bangun menjelang waktu subuh untuk makan sahur, sehingga jam tidurmu pun agak sedikit terganggu.

Walau jam tidur berubah, kamu tetap dianjurkan tidur selama kurang lebih 8 jam setiap harinya. Nah, agar kualitas dan durasi tidurmu tetap terjaga, selama bulan puasa, kamu dapat mencoba olahraga yoga. Pasalnya, olahraga jenis ini dipercaya mampu membuat tidurmu jadi lebih nyenyak.

Meningkatkan stamina

Sama seperti olahraga lainnya, yoga juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina. Melalui beragam pose yoga, kamu bisa merasakan adanya peningkatan energi mental dan fisik. Dengan begitu, kamu bisa lebih bugar dan fit untuk menjalani puasa.

Melatih kesabaran

Melakukan yoga saat puasa secara rutin bisa membuat pikiranmu lebih tenang dan melatihmu untuk jadi pribadi yang lebih sabar. Bahkan, yoga juga diketahui dapat membantumu mengelola emosi dan meningkatkan suasana hati.

Mengurangi stres dan kecemasan

Jika stres atau cemas melanda dan mengganggu kelancaran puasamu, cobalah lakukan yoga untuk mengatasinya. Yoga dapat meningkatkan produksi hormon kebahagiaan dan menurunkan kadar hormon kortisol, yaitu hormon yang memicu stres.

Menjaga berat badan tetap ideal

Meski ketika puasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman setiap saat, akan tetapi pada orang yang tidak mengelola pola makan dan gaya hidup dengan baik, maka kenaikan berat badan tetap bisa saja terjadi. Untuk itu, selain menerapkan pola makan sehat saat puasa, kamu juga perlu berolahraga secara rutin.

Salah satu olahraga yang cocok dilakukan selama puasa adalah yoga. Melakukan yoga secara rutin selama 15–30 menit, setiap hari atau minimal 2–3 kali seminggu, dapat menjaga berat badan tetap ideal, melatih kelenturan tubuh, dan membantu melancarkan pernapasan.

Melakukan yoga saat puasa memang dapat memberikan banyak manfaat. Namun, bila kamu ragu atau memiliki kondisi kesehatan tertentu, khususnya yang membatasi gerakan tubuhmu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mencoba olahraga ini saat sedang berpuasa.

Sumber: Alodokter

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img