27 C
Makassar
Sunday, June 16, 2024
HomeHealth5 Manfaat Teh Hijau untuk Merawat Kulit dan Wajah

5 Manfaat Teh Hijau untuk Merawat Kulit dan Wajah

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Teh hijau memiliki berbagai sifat terapeutik yang dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit dan wajah. Ini dikarenakan kandungan tanin (katekin) yang memiliki sifat antioksidan dan antibakteri, serta juga bertindak sebagai detoksikan.

Dalam teh hijau juga ada kandungan kafein, yang berperan untuk meredakan stres, serta vitamin B1, B2, niasin, dan asam pantotenat. Lalu, ada juga vitamin C,  E, kalium, kalsium, seng, nikel, molybdenum, flour, dan saponin. Nah, kombinasi dari kandungan teh hijau ini memberikan manfaat signifikan untuk kesehatan kulit dan wajah. Apa saja manfaat yang dimaksud? Simak ulasan berikut!

1. Melindungi dari Kanker Kulit

Teh hijau mengandung polifenol dan enam jenis katekin yang berbeda, dengan epigallocatechin gallate (EGCG) dan epicatechin gallate (ECG) memiliki potensi paling besar. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan.

Antioksidan adalah molekul yang memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas adalah senyawa yang dapat membahayakan tubuh, kesehatan, dan kulit, apalagi jika kadarnya terlalu tinggi. Ini dapat menyebabkan kerusakan sel dan telah dikaitkan dengan banyak penyakit, termasuk kanker.

2. Melawan Penuaan Dini

Kulit adalah organ tubuh yang paling menunjukkan penuaan dini seiring pertambahan usia. Antioksidan EGCG yang berlimpah dalam teh hijau memiliki kemampuan untuk meremajakan sel-sel kulit. Dengan melindungi dan memperbaiki sel-sel kulit, antioksidan ini dapat memerangi tanda-tanda penuaan dan membuat kulit kusam terlihat lebih sehat.

Vitamin dalam teh hijau, terutama vitamin B-2, juga dapat membuat kulit terlihat lebih awet muda. Vitamin B-2 memiliki kemampuan untuk menjaga kadar kolagen, yang dapat meningkatkan kekencangan kulit.

3. Mengurangi Kemerahan dan Iritasi

Teh hijau juga memiliki sifat antiinflamasi. Ini karena kandungan polifenol teh yang tinggi. Sifat antiinflamasi pada teh hijau dapat membantu mengurangi iritasi kulit, kemerahan pada kulit, dan pembengkakan. Mengoleskan teh hijau ke kulit wajah juga bisa meredakan luka kecil dan kulit terbakar.

Karena sifat antiinflamasinya, teh hijau kerap digunakan dalam industri kecantikan untuk menenangkan iritasi dan gatal yang disebabkan oleh psoriasis, dermatitis, dan rosacea. Teh hijau juga dapat digunakan untuk membantu untuk mengobati keloid.

4. Mengobati Masalah Jerawat

Sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba dalam teh hijau dapat membuatnya secara efektif menangani jerawat dan kulit berminyak. Polifenol dalam teh hijau, ketika dioleskan ke kulit, membantu mengurangi sekresi sebum, yang dapat menyebabkan jerawat.

Polifenol dalam teh hijau juga memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dengan merusak membran bakteri. Artinya, teh hijau bisa menjadi alat yang berguna untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

5. Melembapkan Kulit

Tadi sudah dibahas, teh hijau mengandung beberapa vitamin, termasuk vitamin E. Vitamin ini dikenal karena kemampuannya untuk menutrisi dan menghidrasi kulit. Menggunakan produk kecantikan yang mengandung teh hijau, minum teh hijau, ataupun menerapkan bekas seduhan teh hijau ke kulit dapat meningkatkan kelembapan kulit dan mengurangi kekasaran pada kulit.

Sumber: halodoc.com

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img