24 C
Makassar
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaHealth6 Langkah Self Care agar Mood Lebih Bahagia

6 Langkah Self Care agar Mood Lebih Bahagia

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Self care atau perawatan diri sangat penting. Untuk memastikan kamu merawat tubuh, pikiran, dan jiwa setiap hari, bukan hanya saat sedang sakit. Ini juga penting untuk menjaga suasana hati. Yuk simak tips lainnya!

Tips Melakukan Self Care

Berikut ini hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk merawat diri:

1. Tidur yang Cukup

Tidur merupakan salah satu cara terbaik untuk membantu mengendalikan stres. Karena kurang tidur dapat membuat kamu lebih sensitif terhadap efek stres.

Otak membutuhkan tidur untuk berfungsi dengan baik. Tanpa tidur yang cukup kamu akan menjadi kurang sabar dan fokus, membuat keputusan yang buruk, dan menjadi lebih murung, mudah tersinggung, dan emosional.

2. Olahraga Setiap Hari

Langkah self care lainnya yang tak kalah penting adalah olahraga setiap hari. Ini dapat membantu kamu secara fisik dan mental, meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres dan kecemasan, serta membantu menurunkan berat badan.

3. Makan Sehat

Makanan yang kamu makan memiliki potensi untuk menjaga kamu tetap sehat. Selain itu juga dapat membuat pikiran tetap fokus dan suasana hati meningkat.

Beberapa makanan yang baik untuk self care adalah ikan berlemak, blueberry, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau.

4. Kenali Tanda Stres

Terkadang self care adalah tentang mengetahui kapan kamu merasa kewalahan dan stres. Tingkatkan kesadaran akan tanda masalah kesehatan mental kamu, dan segera lakukan upaya untuk mengatasinya.

5. Coba Forest Bath

Forest bath adalah metode asal Jepang yang berarti berjalan di area dengan pepohonan dan menghirup udara dalam-dalam. Pohon melepaskan bahan kimia tertentu, seperti terpene, yang terkait dengan aktivasi sistem saraf parasimpatis. Ini dapat mengirim tubuh kamu ke mode santai dan stres pun hilang.

6. Meditasi

Meditasi juga merupakan cara self care yang bagus untuk tingkatkan mood. Kamu tidak memerlukan peralatan atau ruang khusus untuk ini. Kamu dapat melakukannya kapan saja, di mana saja.

Sederhananya, meditasi adalah berpikir secara mendalam atau memfokuskan pikiran untuk jangka waktu tertentu. Ini dapat membantu mengurangi stres, meredakan gejala depresi dan kecemasan, serta mengatur pikiran negatif.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer