31.5 C
Makassar
Kamis, Oktober 29, 2020
Beranda Health 7 Makanan Sumber Karbohidrat untuk Diet

7 Makanan Sumber Karbohidrat untuk Diet

- Advertisement -

SULSEEKSPRES.COM – Menjalani program diet, bukan hanya membatasi asupan makanan, tetapi juga melihat kadar karbohidrat. Selain itu, olahraga juga menjadi penunjang untuk prohram tersebut.

Untuk asupan karbohidrat, dilansir dari hellosehat.com, berikut ini merupakan makanan sumber karbohidrat dengan serat tinggi yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

1. Kentang
Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang sudah sering kita ketahui. Mungkin Anda sering memakan kentang sebagai lauk, tetapi sebenarnya kentang bisa dijadikan makanan utama Anda. Bagi Anda yang sedang diet, mungkin Anda bisa mengganti nasi Anda dengan kentang. Kentang memiliki kandungan pati resisten (pati yang tidak dapat tercerna), sehingga bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Lebih baik lagi jika Anda memakan kentang bersama dengan kulitnya, karena di dalam kulit kentang terkandung banyak serat yang bermanfaat untuk Anda. Selain itu, kentang juga kaya akan vitamin C dan kalium.

Namun, jangan menggoreng kentang karena ini akan menambah asupan lemak Anda, yang justru dapat menyumbang kenaikan berat badan, sehingga menggagalkan diet Anda. Pilih memasak kentang dengan cara dikukus atau direbus.

2. Beras Merah

Seperti kentang, beras merah juga mengandung serat yang tinggi, lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih. Jika Anda tidak bisa lepas dari nasi, mungkin Anda bisa mencoba nasi merah saat sedang diet. Nasi merah bisa membuat diet Anda lebih berhasil.

Selain untuk yang ingin menurunkan berat badan, nasi merah juga bisa menjadi makanan untuk para penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi dalam nasi merah dapat membantu Anda mengontrol gula darah.

3. Pasta Gandum
Pasta gandum mengandung lebih banyak serat daripada pasta putih. Kandungan seratnya bisa mencapai dua sampai tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan pasta putih. Jadi, jika Anda sedang menurunkan berat badan, lebih baik untuk memilih pasta gandum daripada pasta putih. Kandungan serat yang lebih banyak dalam pasta gandum dapat membantu Anda kenyang lebih lama, sehingga Anda bisa makan lebih sedikit.

4. Roti Gandum
Sama seperti pasta gandum, roti gandum juga mengandung serat yang lebih tinggi daripada roti putih. Sehingga roti gandum lebih bisa direkomendasikan untuk Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan. Roti gandum mengandung serat mencapai 7 gram, sedangkan roti putih hanya mengandung serat sebanyak 2,7 gram (keduanya dalam 100 gram roti).

5. Oatmeal
Oatmeal juga bisa menjadi menu makanan Anda saat Anda sedang diet. Serat dalam oatmeal dapat membantu Anda kenyang lebih lama, membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan juga dapat mengontrol kadar gula darah Anda. Namun, biasanya Anda memakan oatmeal dengan ditemani oleh makanan lain. Nah, hati-hatilah, kadang makanan yang Anda tambahkan ke dalam oatmeal ini justru memiliki lebih banyak kalori dan gula dibandingkan oatmeal itu sendiri.

6. Quinoa
Mungkin Anda jarang mendengar makanan ini. Namun, quinoa ternyata menyimpan manfaat yang kaya. Quinoa mengandung serat tinggi, selain itu juga mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan biji-bijian lain. Quinoa bisa menjadi pengganti sumber karbohidrat bagi Anda yang sedang dalam penurunan berat badan.

7. Buah-buahan
Buah-buahan juga merupakan salah satu sumber karbohidrat yang bisa membantu Anda saat sedang diet. Buah-buahan mengandung gula alami yang akan diubah menjadi energi oleh tubuh. Pilihlah buah-buahan yang kaya serat sehingga Anda bisa kenyang lebih lama, seperti raspberry, pir, apel, dan pisang. Selain serat, buah-buahan juga banyak mengandung vitamin dan mineral penting, seperti vitamin C dan kalium. Anda bisa mencampurkan buah-buahan ini ke dalam yogurt atau oatmeal Anda, atau bisa juga dijadikan salad.

Headline

Anak Didiknya Dipanggil Timnas, Ini Komentar Pelatih Akademi PSM

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Pelatih akademi PSM Makassar, Muhammad Irfan Rahman, mengaku sangat bahagia ada anak didiknya yang kembali dipanggil oleh tim nasional Indonesia. Ia mengaku,...

3 Pemain U-16 PSM Juga Dipanggil Seleksi Garuda Select III

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Pihak Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) baru saja menyampaikan surat permintaan pemain akademi PSM Makassar untuk mengikuti seleksi Garuda Select III. Dua pemain akademi...

Dua Pemain Akademi PSM Dipanggil Seleksi Garuda Select III

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Pihak asosiasi Sepakbola tertinggi Indonesia, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) kembali memanggil dua pemain muda PSM Makassar untuk mengikuti tahap seleksi di tim...

PW-KKT Jeneponto Kaltim Segera Dilantik

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Turatea (PP-KKT) Jeneponto bersama Perwakilan Pengurus Wilayah dan Panitia KKTJ Kaltim, menggelar rapat persiapan pelantikan. Rencananya, pelantikan pengurus...