29 C
Makassar
Minggu, Mei 29, 2022
BerandaDaerahAJK Dan IMM Bone Kecam Sikap Oknum Petugas BNNK

AJK Dan IMM Bone Kecam Sikap Oknum Petugas BNNK

- Advertisement -

BONE,SULSELEKSPRES.COM – Aliansi Jurnalis Kreatif (AJK) dan aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) mengecam sikap dari oknum petugas Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bone, lantaran melakukan pengusiran kepada rekan media saat hendak mengonfirmasi penangkapan pelaku terduga bandar narkoba.

Menurut, Sekretaris AJK Kabupaten Bone, Andi Dedi Sendi mengatakan sikap oknum petugas BNNK Bone telah melanggar undang-undang keterbukaan publik.

“Seharusnya oknum petugas BNN Bone saat hendak dikonfirmasi oleh rekan-rekan media wajib memberikan keterangan, karena sebagai sumber berita harus menerima klarifikasi itu. Karena itu bagian dari kaidah dan kode etik jurnalistik,” ungkapnya kepada sulselekspres.com Kamis, (14/2/2019).

Lanjut, Andi Dedi, wartawan dalam menjalankan tugasnya dilindungi Undang-undang Nomor 40 tahun 1999 seperti yang disebutkan pada pasal 4 ayat 3 UU bahwa pers berhak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi.

Untuk itu dia menegaskan, bagi oknum yang berusaha menghalang-halangi tugas wartawan terancam hukuman pidana, yakni kurungan penjara paling lama dua tahun atau denda maksimal Rp500 juta.

“Tindakan tersebut merupakan sebuah pelecehan terhadap profesi wartawan. Wartawan bukan monster kenapa harus diusir. Kami dari AJK mengecam dan mengutuk keras tindakan yang dilakukan oleh oknum petugas Bnnk Bone,” tegas Dedi.

Hal senada juga dilontarkan salahsatu aktivis mahasiswa tak lain Ketua DPD IMM Sulsel, Andi Saiful Marfian mengungkapkan apa yang dilakukan oknum petugas Bnnk Bone tidak etis dan arogan.

Sebelumnya, diketahui Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bone terkesan tertutup saat didatangi rekan media di Kantor BNN, Jalan Kompleks Stadion Lapatau sejak Rabu (13/2/2019) sekira pukul 19.00 Wita.

Kedatangan rekan media tersebut atas beredarnya informasi ditangkapnya satu orang diduga bandar dan satu kurir oleh petugas BNNK Bone.

BACA JUGA :  Ello Diduga Ditangkap Polisi karena Ganja

Namun, informasi tersebut belum terkonfirmasi, lantaran pihak BNNK Bone yang hendak akan dikonfirmasi salah seorang petugasnya mengusir sejumlah wartawan.

Salah seorang staf BNN Kabupaten Bone menyuruh keluar para wartawan di Kantor BNN Bone.

“Tolong keluar,” kata staf berbaju putih yang selanjutnya menutup rapat pintu Kantor BNN Bone sambil menutup jendela.

Terpisah, Kepala BNN Kabupaten Bone, Muharram Sahude yang dikonfirmasi melalui via selulernya mengaku belum menerima informasi tersebut.

“Belum saya tahu bagaimana hasilnya, saya konfirmasi dulu kepada anggota. Belum ada laporan yang masuk dek,”ungkap Muharram Sahude.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari masyarakat, bahwa BNN Kabupaten Bone menangkap dua orang yang diduga bandar dan kurirnya. Keduanya, diamankan di Jalan Teduh Panjaitan, Kelurahan Watampone, Kecamatan Tanete Riattang.

Penulis: Yusnadi

spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3