25 C
Makassar
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaHealthAlami Flu, Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengobatinya

Alami Flu, Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengobatinya

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Perawatan flu yang dilakukan tergantung pada gejala yang kamu alami. Misalnya, jika kamu memiliki hidung tersumbat atau sinus, maka dekongestan dapat membantu. Dekongestan datang dalam bentuk semprotan oral atau hidung.

Dekongestan digunakan untuk mengurangi pembengkakan di saluran hidung. Namun, dekongestan semprot hidung tidak boleh digunakan selama lebih dari beberapa hari karena, jika digunakan terlalu lama dan kemudian dihentikan, mereka dapat menyebabkan gejala berulang.

Jika hidung berair, tetesan postnasal akan mengobatinya. Atau mata berair dan gatal, maka antihistamin dapat membantu gejala flu. Antihistamin dapat membantu meringankan gejala-gejala yang mengganggu, seperti bersin, gatal, dan keluarnya cairan dari hidung. Jika kamu mengalami flu, berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengobatinya:

Beristirahat di Rumah

Tetap di rumah dan banyak istirahat adalah salah satu cara untuk meringankan gejala flu. Manfaatkan waktu istirahat dan berikan tubuh masa istirahat yang sangat dibutuhkan. Meringkuk di sofa dan menghabiskan waktu membaca, menonton DVD, ataupun hanya tidur siang sambil tubuh melawan virus.

Minum Banyak Cairan

Pastikan kamu mendapat lebih banyak cairan. Tidak semua harus berupa air, jus buah, minuman olahraga, dan sup berbasis kaldu (seperti sup ayam) juga bisa menjadi bahan asupan. Cairan dapat menjaga sistem pernapasan terhidrasi dan membantu mengubah lendir yang jahat dan kental menjadi cairan tipis yang bisa dikeluarkan melalui batuk ataupun hidung. Ini akan sangat baik, karena penumpukan cairan di paru-paru dapat menyebabkan infeksi.

Obati Sakit dan Demam

Ketika kamu mengalami demam ini dikarenakan tubuh sedang menyalakan panas untuk melawan virus flu. Obati dan rasa sakit yang menyertainya dengan obat yang dijual bebas, seperti acetaminophen, ibuprofen, atau naproxen. Diskusikan dengan dokter mana obat yang tepat untuk dikonsumsi. Jangan pernah memberikan aspirin kepada siapa pun yang lebih muda dari 19 tahun.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer