29 C
Makassar
Kamis, Desember 8, 2022
BerandaHealthBerbagai Obat Herbal Diabetes

Berbagai Obat Herbal Diabetes

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Pengobatan diabetes biasanya mencakup penerapan pola makan dan gaya hidup sehat, pemantauan gula darah, serta penggunaan obat-obatan medis.

Tidak hanya itu, obat herbal diabetes terkadang juga digunakan untuk mendukung terapi pengobatan diabetes. Pengobatan alami ini bertujuan untuk mengontrol kadar gula darah, menggantikan nutrisi yang kurang, mendukung kerja hormon insulin, dan mengurangi peradangan.

Obat herbal memang bisa menjadi bagian dari perawatan diabetes. Namun, perlu diketahui bahwa obat herbal tidak bisa menggantikan pengobatan medis untuk diabetes. Jadi, apa pun jenis pengobatan yang ingin Anda jalani, pastikan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Berikut ini adalah beberapa jenis obat herbal diabetes beserta cara penggunaannya yang tepat:

1. Kunyit

Khasiat kunyit sebagai obat herbal telah dikenal secara turun-menurun. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa senyawa aktif pada kunyit, seperti kurkumin, dapat mencegah sekaligus mengobati diabetes, khususnya diabetes tipe 2.

Ekstrak kunyit diketahui dapat mengontrol kadar gula darah dan mencegah komplikasi diabetes, misalnya gangguan pada mata, saraf, dan ginjal.

BACA JUGA :  Penderita Diabetes Perlu Hati-Hati Jika Ingin Minum Air Kelapa

Namun, penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi kunyit secukupnya, jangan berlebihan hingga di atas 4 gram per hari. Jika dikonsumsi berlebihan, kunyit bisa menyebabkan masalah pencernaan, seperti mual, muntah, atau diare.

2. Ginseng

Selain kunyit, ginseng juga bisa menjadi obat herbal diabetes yang aman dan efektif. Ekstrak ginseng Amerika dan Asia telah dikonsumsi sejak ribuan tahun silam untuk menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan fungsi insulin.

BACA JUGA :  5 Cara Turunkan Risiko Terserang Diabetes

Meski umumnya aman, konsumsi ginseng bisa menimbulkan interaksi pada beberapa obat diabetes, khususnya terapi insulin. Jadi, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Pada beberapa orang, ginseng bisa menyebabkan efek samping, seperti sulit tidur, kecemasan, diare, dan sakit kepala. Perlu Anda ketahui pula bahwa konsumsi ginseng biasanya tidak boleh lebih dari 3 gram per hari.

3. Lidah buaya

Selain untuk perawatan luka, jus lidah buaya bisa dikonsumsi sebagai obat herbal diabetes.

Penelitian menunjukkan bahwa jus lidah buaya bisa menurunkan gula darah sekaligus mengurangi lemak dalam tubuh. Selan itu, karena kandungan beberapa senyawa di dalamnya, konsumsi jus lidah buaya bisa mengurangi pembengkakan dan mempercepat proses penyembuhan luka diabetes.

Namun, jika Anda sudah mengonsumsi obat resep diabetes, minum jus lidah buaya bisa membuat gula darah turun dengan cepat sehingga berisiko menyebabkan hipoglikemia. Oleh karena itu, tanyakan ke dokter terlebih dahulu bila ingin rutin mengonsumsinya.

4. Pare

Pare memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk menurunkan gula darah. Pare telah dijadikan sebagai pengobatan alternatif diabetes yang ampuh.

Berbagai studi mengatakan bahwa konsumsi pare bisa membuat tubuh menggunakan insulin lebih efisien. Pare juga dapat mencegah peningkatan kadar gula dalam darah.

Namun, sebaiknya hindari konsumsi pare dalam jangka waktu lama. Sayuran ini juga bisa membuat kadar gula turun terlalu rendah apabila dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes.

5. Kayu manis

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kayu manis memiliki efek seperti insulin dalam tubuh. Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa kayu manis dapat mengontrol kadar gula darah dan kolesterol. Namun, manfaat kayu manis ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Kesimpulannya, obat herbal diabetes dipercaya bisa membantu mengontrol gula darah. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan obat herbal tidak bertujuan untuk menggantikan obat medis dan penggunaannya pun hingga saat ini masih memerlukan studi lebih mendalam.

BACA JUGA :  Tips Mengonsumsi Pepaya untuk Pengidap Diabetes

Jadi, selalu konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat herbal diabetes jenis apa pun. Dokter bisa membantu Anda memastikan apakah obat herbal tersebut aman untuk Anda konsumsi.

spot_img

Headline

Populer