25 C
Makassar
Minggu, September 27, 2020
Beranda Metropolis Anwar Faruq Gelar Sosper Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Anwar Faruq Gelar Sosper Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

 

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Makassar, Anwar Faruq, menggelar sosialisasi peraturan daerah nomor 9 tahun 2016 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Sosialisasi Perda ini berlangsung di Manado Room, lantai 2 Hotel Lynt, jalan Letnan Jenderal Hertasning, kota Makassar, Minggu (9/8/2020) pagi.

Dalam Sosper ini, Anwar Faruq mengaskan pentingnya melindungi lingkungan, juga keberlangsungan kelestarian yang harus dijaga melalui pengelolaan yang baik dan benar.

Pada intinya, Anwar ingin mengajak masyarakat agar bijak dalam mengelola lingkungan. Sebab segala hal yang ditimbulkan oleh alam, sebagian besar atas ulah manusia terhadap lingkungan itu sendiri.

Selain itu, upaya melindungi lingkungan hidup juga merupakan hal vital. Sebab tanpa melindungi lingkungan, tentu sama saja dengan bunuh diri.

“Pada intinya, saya ingin masyarakat tahu bahwa undang-undang ini ada. Sehingga masyarakat bisa lebih bijak dalam melindungi dan mengelola lingkungan hidup,” jelas ketua DPD PKS kota Makassar tersebut.

Hal ini turut diapresiasi oleh pihak Program Penanganan Kawasan Kumuh Perkotaan (P2KKP), Munatsir. Sebab belakangan ini memang banyak terjadi kerusakan lingkungan, baik dalam hal eksploitasi maupun bencana alam.

Akibatnya, berbagai macam polusi terjadi. Mulai dari polusi udara, polusi air, maupun polusi tanah.

“Sekarang ini kan banyak fenomena kerusakan alam. Seperti yang baru-baru ini banjir Masamba. Akibatnya, kerusakan tanah terjadi, polusi air, dan pasti udara,” ujar Munatsir.

“Tepatlah yang dilakukan pak Anwar Faruq ini. Karena dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat tentu bisa lebih bijak dalam melindungi dan mengelola lingkungan,” lanjutnya.

Sosialisasi Peraturan Daerah ini juga turut mendapat dukungan dari pihak akademisi, Basri. Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar tersebut mengatakan, dampak lingkungan juga bisa berpengaruh pada kesehatan.

“Polusi lingkungan itu sangat berpengaruh dari sisi kesehatan. Terlebih lagi sekarang ini masa pandemi. Sehingga sosper ini sangat tepat untuk dilakukan,” jelasnya.

Dengan begitu, sosper ini tentu sangat membantu masyarakat dalam mengelola dan melindungi lingkungan, khususnya untuk Makassar, berbagai macam polusi tentu berpeluang besar terjadi.

Headline

Denny Siregar: Pak Gatot Berapa Anggota PKI yang Sudah Ditangkap Saat Menjabat?

SULSELEKSPRES.COM - Penggiat media sosial Denny Siregar ikut menyoal sikap mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, yang dianggap terus menghembuskan isu kebangkitan PKI. Denny...

Saudi Bertahap Buka Umrah, Kemenag Tunggu Rilis Izin Masuk

​SULSELEKSPRES.COM - Kerajaan Arab Saudi secara bertahap akan kembali membuka penyelenggaraan ibadah umrah. Diawali dengan izin terbatas bagi warga negara dan ekspatriat yang tinggal...

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unimerz Jalani Akreditasi

SULSELEKSPRES.COM - Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Megarezky (Unimerz) Makassar, menjalani akreditasi secara virtual. Pandemi Covid 19 menyebabkan kegiatan akreditasi program studi...

Unimerz-Pemprov Sulsel Kerja Sama di Sektor Penelitian dan Pengembangan

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyepakati kerja sama di bidang Penelitian dan Pengembangan. Kesepakatan kerjasama ini ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman...