27 C
Makassar
Minggu, September 27, 2020
Beranda Nasional Studi Temukan Kemungkinan Manfaat Vaksin Flu dan BCG Terhadap COVID-19

Studi Temukan Kemungkinan Manfaat Vaksin Flu dan BCG Terhadap COVID-19

 

SULSELEKSPRES.COM – Pandemi COVID-19 hingga kini belum menemukan vaksin, tapi diperkirakan paling cepat akan tersedia di tahun 2021.

Dua studi terbaru melaporkan bahwa vaksin untuk penyakit lain tampaknya dapat membawa efek bermanfaat terhadap infeksi virus Corona COVID-19. Peneliti melihat orang yang menerima vaksin untuk penyakit lain tersebut mengalami gejala infeksi COVID-19 yang ringan atau minim.

Hanya saja peneliti menekankan perlu studi lebih lanjut untuk mengambil kesimpulan pasti.

Dilansir dari detikdotcom, laporan di jurnal Cell Reports Medicine menyebut bahwa para pasien penerima vaksin BCG dalam tiga tahun terakhir tidak mengalami infeksi COVID-19 parah. Vaksin ini biasa dipakai untuk tuberkulosis.

Sementara laporan dari peneliti Mayo Clinic yang belum mendapat peer review menemukan pasien yang mendapat vaksin flu, pneumonia, dan hepatitis menunjukkan tingkat infeksi COVID-19 yang lebih rendah.

“Efek manfaat berbagai vaksin tampaknya lebih luas dari yang sebelumnya diketahui,” kata salah satu peneliti, Mihai Netea, seperti dikutip dari Reuters pada Minggu (9/8/2020).

Sementara, hingga kini, masyarakat diimbau untuk terus menjaga diri dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak dengan orang lain.

Headline

Denny Siregar: Pak Gatot Berapa Anggota PKI yang Sudah Ditangkap Saat Menjabat?

SULSELEKSPRES.COM - Penggiat media sosial Denny Siregar ikut menyoal sikap mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, yang dianggap terus menghembuskan isu kebangkitan PKI. Denny...

Saudi Bertahap Buka Umrah, Kemenag Tunggu Rilis Izin Masuk

​SULSELEKSPRES.COM - Kerajaan Arab Saudi secara bertahap akan kembali membuka penyelenggaraan ibadah umrah. Diawali dengan izin terbatas bagi warga negara dan ekspatriat yang tinggal...

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unimerz Jalani Akreditasi

SULSELEKSPRES.COM - Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Megarezky (Unimerz) Makassar, menjalani akreditasi secara virtual. Pandemi Covid 19 menyebabkan kegiatan akreditasi program studi...

Unimerz-Pemprov Sulsel Kerja Sama di Sektor Penelitian dan Pengembangan

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyepakati kerja sama di bidang Penelitian dan Pengembangan. Kesepakatan kerjasama ini ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman...