26 C
Makassar
Sunday, June 23, 2024
HomeHealthApakah Penyakit Jantung Koroner Bisa Sembuh?

Apakah Penyakit Jantung Koroner Bisa Sembuh?

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Penyakit jantung koroner adalah kondisi di mana aliran darah menuju jantung terhambat. Hal ini disebabkan oleh adanya penyumbatan atau penyempitan pada pembuluh darah arteri.

Penyumbatan dapat terjadi jika terdapat penumpukan kolesterol yang memicu penimbunan plak di dalam pembuluh arteri dalam jangka panjang. Seiring berjalannya waktu, penyempitan dinding arteri ini akan menyebabkan kondisi yang disebut dengan aterosklerosis.

Jika arteri mengeras dan menyempit, aliran darah menuju jantung akan berkurang. Padahal, jantung membutuhkan pasokan darah yang kaya akan oksigen agar dapat bekerja dengan normal. Inilah yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner.

Penyakit ini termasuk dalam jenis penyakit jantung kronis yang menjadi salah satu penyebab tingginya angka kematian di dunia. Berita buruk lainnya adalah, penyakit jantung koroner tidak bisa sembuh total.

Dinding arteri dan otot jantung yang sudah rusak akibat penyakit ini tidak dapat kembali lagi seperti semula. Artinya, jika Anda mengalami jantung koroner, Anda harus hidup dengan penyakit ini untuk selamanya.

Namun, Anda tidak perlu takut dan khawatir. Selama menjalani pengobatan dan gaya hidup yang baik, pasien pengidap jantung koroner tetap bisa menjalani hidup dengan normal dan berusia panjang.

Meski tak bisa sembuh, Anda bisa turunkan risiko komplikasi jantung koroner

Jantung koroner sering kali dikaitkan dengan gejala serangan jantung. Ketika jantung kekurangan aliran darah akibat arteri yang menyempit, otot jantung dapat melemah dan terkena serangan jantung.

Selain serangan jantung, potensi komplikasi yang dapat timbul dari penyakit ini adalah gagal jantung dan gangguan ritme jantung (aritmia).

Untungnya, walaupun penyakit jantung koroner tak bisa sembuh, Anda memiliki peluang besar untuk menghindari komplikasi-komplikasi di atas. Kunci utamanya adalah dengan menjaga kadar kolesterol, tekanan darah, serta gula darah.

Bila ketiga aspek tersebut tak dijaga, risiko Anda mengalami serangan jantung jadi lebih besar. Oleh karena itu, ikuti beberapa tips di bawah untuk memiliki jantung yang sehat meski terkena penyakit jantung koroner.

Sumber: hellosehat.com

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img