24 C
Makassar
Jumat, Desember 2, 2022
BerandaHealthAtlet Harus Tahu, Ini Makanan untuk Kesehatan Jantung

Atlet Harus Tahu, Ini Makanan untuk Kesehatan Jantung

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Jantung memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Organ ini berfungsi mengalirkan darah yang penuh dengan oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini membuat fungsi tubuh berjalan dengan optimal. Selain oksigen, jantung juga mengirimkan berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh melalui darah.

Dengan begitu, kesehatan jantung menjadi hal yang perlu diperhatikan. Selain berolahraga, para atlet pun wajib menjaga pola makan agar kesehatan jantung tetap baik. Nah, sebaiknya ketahui berbagai jenis makanan yang baik dan sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan jantung berikut ini!

Menyambut Piala Dunia 2022, ada berbagai hal yang perlu dilakukan oleh para atlet sepak bola. Mulai dari rutin melakukan latihan, menjaga kondisi kesehatan mental, hingga memastikan kondisi kesehatan fisik terjaga dengan baik.

Bukan hanya mengoptimalkan penampilan saat bermain sepak bola, para atlet juga perlu memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi untuk memastikan jantung dalam kondisi yang sehat. Pasalnya, gangguan jantung juga rentan dialami oleh para atlet. Seperti misalnya serangan jantung yang juga berisiko dialami oleh atlet sepak bola pada usia berapa pun.

Untuk itu, sebaiknya pastikan para atlet menjalani pola makan tepat dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang baik bagi kesehatan jantung.

Nah, berikut ini jenis makanan yang dikonsumsi para atlet:

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau, seperti kale, bayam, hingga brokoli memiliki berbagai kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan di dalamnya yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Salah satu vitamin yang bisa kamu penuhi dengan mengonsumsi sayuran hijau adalah vitamin K. Vitamin ini bisa membantu melindungi pembuluh darah menuju jantung.

Bahkan, memasukan sayuran hijau pada setiap menu makan kamu bisa membantu kamu menghindari risiko gangguan jantung.

2. Ikan Salmon

Salmon menjadi salah satu jenis ikan yang dikenal kaya akan manfaat. Kandungan omega-3 dalam ikan ini membantu kamu mengurangi risiko gangguan irama jantung dan menurunkan tekanan darah.

3. Minyak Zaitun

Saat mengolah makanan, pastikan kamu menggunakan bahan-bahan alami yang menyehatkan untuk jantung. Kamu bisa coba untuk mengganti minyak untuk memasak atau salad dengan minyak zaitun.

Minyak ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga membantu kamu dalam menjaga pembuluh darah. Bahkan, minyak ini juga bisa membantu kamu menurunkan kadar kolesterol.

4. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah gangguan kesehatan pada jantung. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan potasium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Jeruk

Jeruk memiliki kandungan pektin yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Buah ini juga memiliki kandungan potasium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah.

5. Jeruk

Jeruk memiliki kandungan pektin yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Buah ini juga memiliki kandungan potasium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah.

6. Kacang Almond

Almond menjadi salah satu jenis kacang sumber lemak dan serat tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung.

Itulah berbagai jenis makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, pastikan untuk mengurangi asupan makanan manis, asin, dan berlemak untuk menghindari gangguan kesehatan jantung. Hentikan juga kebiasaan mengonsumsi minuman alkohol, bersoda, dan kebiasaan merokok agar kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik.

Segera lakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit ketika kamu mengalami keluhan kesehatan yang terkait dengan penyakit jantung.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer