28 C
Makassar
Sunday, May 19, 2024
HomeRagamBantuan TP PKK Sulsel Telah Tersalurkan ke Warga Terdampak Banjir dan Tanah...

Bantuan TP PKK Sulsel Telah Tersalurkan ke Warga Terdampak Banjir dan Tanah Longsor

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Bantuan Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan telah tersalurkan kepada warga terdampak banjir dan tanah longsor di Kabupaten Luwu, Wajo, Enrekang dan Pinrang. Sementara, penyaluran bantuan untuk korban bencana banjir di Kabupaten Sidrap akan dilakukan besok, Rabu, 8 Mei 2024.

Diketahui, banjir dan tanah longsor yang terjadi di daerah tersebut, selain menimbulkan korban jiwa, warga banyak yang kehilangan tempat tinggal, dan rusaknya sejumlah fasilitas publik.

Bantuan dari TP PKK Sulsel ini  disalurkan door to door oleh pengurus TP PKK kabupaten masing-masing. Bantuan yang disalurkan kepada warga terdampak berupa kebutuhan pokok, susu balita, pampers balita dan lansia, makanan bayi, tissu basah, sabun mandi dan sabun cuci, hingga pembalut wanita.

Ketua Pokja I TP PKK Luwu, Fauziah Zainuddin, mengatakan, pihaknya telah melaksanakan amanah dari TP PKK Provinsi Sulsel untuk menyalurkan bantuan berupa kebutuhan pokok, perlengkapan bayi, dan lainnya secara langsung kepada masyarakat yang terkena dampak banjir bandang dan tanah longsor. Bantuan disalurkan door to door di Desa Malela, Botta, Buntu Barana, Kecamatan Suli, serta Desa Lindajang di Kecamatan Suli Barat.

“Ucapan terima kasih dari kami dan masyarakat penerima bantuan Kabupaten Luwu kepada TP PKK Provinsi atas bantuan yang diberikan. Semoga berkah dan menjadi amal ibadah yang diterima Allah SWT,” ucapnya.

Terpisah, Ketua Pokja I TP PKK Wajo, Andi Irmahaerani, juga menyampaikan telah menyalurkan bantuan dari TP PKK Provinsi Sulsel. Bantuan berupa kebutuhan pokok  diserahkan langsung pada masyarakat yang terkena dampak banjir  dan lumpur di Desa Awota, Kecamatan Keera, dan beberapa kelurahan di Kecamatan Pitumpanua.

“Karena banyaknya masyarakat yang terkena dampak banjir ini, kami juga mendapatkan tambahan paket bantuan dari beberapa pihak yang menambahkan dan melengkapi paket bantuan dari TP PKK Provinsi Sulsel,” ungkapnya.

“Ucapan terima kasih dari kami dan masyarakat penerima bantuan Kabupaten Wajo kepada TP PKK Provinsi atas bantuan yang diberikan. Semoga berkah dan menjadi amal ibadah yang diterima Allah SWT,” ucap Andi Irmahaerani.

Diketahui, Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan, Sofha Marwah Bahtiar, mengajak PKK dan Dekranasda Kabupaten Kota, untuk membuka donasi, membantu warga terdampak banjir dan tanah longsor.

“Langkah ini sebagai bentuk empati dan solidaritas kita terhadap saudara-saudara kita yang terdampak. Karena itu saya mengimbau agar mengumpulkan donasi atau bantuan, baik berupa uang ataupun barang yang bisa disalurkan ke masyarakat yang terdampak,” kata Sofha Marwah.

Diharapkan, pengurus PKK dan Dekranasda di Provinsi dan Kabupaten Kota membuat tim untuk mengumpulkan dan mendistribusikan bantuan ke enam daerah yang terdampak tersebut.

“Semoga apa yang kita lakukan mendapat ridho dari Allah SWT, dan saudara-saudara kita yang terdampak bisa menjalani kehidupan secara normal lagi,” harapnya.

Adapun sejumlah barang yang dibutuhkan secara umum korban bencana banjir dan longsor di enam kabupaten, seperti mie instan, telur, Pampers untuk bayi dan lansia, pembalut wanita, makanan bayi, sarung, mainan anak, garam, obat-obatan, air bersih, alat-alat kebersihan, ikan sarden, sabun cuci, pakaian dalam wanita, dan minyak kayu putih.

Donasi berupa barang bisa dikumpulkan di Kantor PKK Sulsel dan Kantor Dekranasda Sulsel.

spot_img

Headline

Populer

spot_img