26 C
Makassar
Rabu, Januari 20, 2021
Beranda Nasional Banyak Terpapar Covid, Kakanwil Kemenag Susel Wajibkan Seluruh Pegawainya Swab Ulang

Banyak Terpapar Covid, Kakanwil Kemenag Susel Wajibkan Seluruh Pegawainya Swab Ulang

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan KH. Khaeroni, mengeluarkan instruksi kepada seluruh pejabat, pelaksana dan Pegawai Non PNS (PNPNS) lingkup Kanwil Kemenag Sulsel untuk mengikuti swab antigen, Selasa (5/1/2021).

Kebijakan mewajibkan seluruh pegawai di lingkungan Kanwil Kemenag Sulsel ini diambil setelah melihat hasil swab PCR terhadap 91 pegawai pada tanggal 23 Desember 2020 lalu, dimana hasilnya sangat mencengangkan, yakni 37 orang dinyatakan positif covid.

Terpaparnya 37 orang ini mendorong Khaeroni mengeluarkan surat edaran untuk memberlakukan sistem Work From Home (WFH) terhitung sejak tanggal 4-15 Januari 2021 demi memutus rantai penularan bagi pegawai lainnya.

Imbas dari WFH ini adalah tidak terlaksananya serangkaian kegiatan yang telah diagendakan dalam rangka peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke-75, seperti upacara bendera, ziarah ke Taman Makam Pahlawan dan acara ramah tamah.

Karena begitu banyaknya pegawai yang terpapar virus mematikan ini membuat gelisah Khaeroni, apatah lagi dari 316 pegawai Kanwil Kemenag Sulsel, hanya 91 yang mau mengikuti swab PCR pada tanggal 23 Desember lalu.

Untuk itu, meskipun pegawai sedang menjalani WFH, namun Kakanwil mewajibkan mereka untuk ke kantor mengikuti swab antigen termasuk yang telah dinyatakan positif pada swab PCR sebelumnya.

Swab antigen yang dilaksanakan di lapangan Indoor Kanwil ini diikuti 179 dari 230 PNS dan 82 dari 86 orang PNPNS, dimana hasilnya14 orang dinyatakan positif, yaitu 10 orang PNS dan 4 orang PNPNS.

Ada pun 37 yang positif pada swab PCR 14 hari yang lalu, tinggal 1 orang yang dinyatakan reaktif (positif).

Kasubbag Umum dan Humas, H. Zulkifly Hijaz selaku koordinator kegiatan swab massal ini mengatakan bahwa 55 orang yang tidak ikut swab kali ini diwajibkan untuk melakukan swab mandiri kemudian melaporkan hasilnya ke Subbagian Umum dan Humas.

“Sesuai arahan bapak Kakanwil, yang tidak ikut swab silahkan swab mandiri dan serahkan surat keterangannya kepada Andi Baly di Subbagian Umum dan Humas. Ini penting karena jangan sampai diantara 55 orang ini ada yang positif covid,” jelas Haji Zul, sapaan akrab mantan anggota DPRD Gowa ini.

Diakhir penyampaiannya, H. Zul mengatakan, 14 orang yang dinyatakan positif diarahkan untuk melakukan swab PCR di RS. Siloam Makassar yang menjadi mitra pada kegiatan swab massal ini.

- Advertisement -

Headline