29 C
Makassar
Rabu, Mei 25, 2022
BerandaMetropolisBaru Diresmikan, RPH-R Manggala Kembali Dapat Kucuran Dana 30M

Baru Diresmikan, RPH-R Manggala Kembali Dapat Kucuran Dana 30M

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, meresmikan secara langsung Rumah Pemotongan Hewan Ruminansia (RPH-R) Manggala, Senin (8/2/2021) siang.

RPH ini merupakan tampilan baru yang lebih modern dari sebelumnya. Biaya renovasi RPH ini menelan anggaran 10 miliar dari Pemprov Sulsel, dan 3,5 miliar dari pusat. Sehingga, total anggaran yang dibutuhkan dalam pembenahan RPH ini sebesar 13,5 miliar.

RPH ini memiliki luas kawasan sekitar lima hektar dan bakal digunakan sebagai pusat produksi daging higenis di kota Makassar dan sekitarnya.

Menurut keterangan Penjabat Walikota Makassar, Rudy Djamaluddin, target produksi daging di RPH ini sebanyak 100 ekor setiap harinya.

Dari 100 hewan tersebut, 80 diantaranya bakal digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lokal Makassar, sementara sisanya bakal dilempar keluar kota.

BACA JUGA: Orang Tua Siswa Mengeluh Soal Sistem Belajar Online

”Targetnya ini 100 ekor per hari. Jadi kebutuhan Makassar itu sebenarnya cuma 80 ekor. Jadi sisanya kita suplai ke luar daerah,” jelas Rudy.

Selain sebagai lokasi produksi daging yang higenis, RPH ini bagian dari upaya pemkot mendukung Pemprov Sulsel dalam mewujudkan program Sulsel penopang Lumbung Daging Nssional.

”Selain menciptakan daging yang higenis, juga bagian dari upaya Pemkot dalam mendukung program Pemprov Sulsel sebagai penyanggah Lumbung daging nasional,” jelas Rudy.

RPH-R yang tersedia saat ini rencananya bakal dikembangkan lebih besar dan lebih luas lagi. Rudy mengaku pihaknya saat ini sudah menyediakan anggaran pembebasan lahan, dengan luas sekitar 3,1 hektar.

”Yang tersedia saat ini sekitar 5 hektar, masih butuh sekitar 3,1 hektar. Alhamdulillah kami di Pemerintah kota sudah mengalokasikan 13 miliar untuk pembebasan lahannya. Kami berharap sinergitas dan dukungan dari Pemprov Sulsel,” jelasnya.

BACA JUGA :  Jalan Penghubung Luwu Raya – Toraja Sudah Teraspal

Menanggapi hal ini, Nurdin Abdullah meminta kepada pemerintah kota agar merawat dengan baik RPH-R Manggala ini. Sebab, menurutnya, gedung ini dibangun menggunakan uang rakyat.

”Saya bangga bisa mempersembahkan bangunan yang megah ini. Ini dibangun pakai uang rakyat, tentu harus dinikmati oleh rakyat. Ini yang harus tetap kita jaga dengan baik.”

”Tadi pak wali bilang menyiapkan pembebasan lahan 3 hektar, Provinsi lebih awal menganggarkan 17 miliar. Jadi kalau saya siapkan 17 miliar jangan tidak dipakai pak wali, sia-sia, yang rugi rakyat,” tegasnya.

RPH-R ini sendiri rencananya bakal dikelola oleh perusahaan daerah (Perusda) dan tidak menggunakan jasa Dinas Pertanian dan Perikanan (DP2) kota Makassar.

”Untuk sementara ini saya berpikir kita benahi dulu Perusdanya ya. Saya sudah menunjuk Pelaksana tugasnya, Prof. Lellah Rahim. Dia saat ini menjabat sebagai dekan peternakan, alumni dari Jepang, dan juga kebetulan dia staff ahli gubernur dalam mendorong Sulsel sebagai.lumbung daging,” tutupnya.

spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3