24 C
Makassar
Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaRagamBisakah Berbuka Puasa dengan Kopi?

Bisakah Berbuka Puasa dengan Kopi?

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Para penikmat kopi biasanya akan memilih minum kopi tiap hari, seperti layaknya perokok yang sulit lama-lama meninggalkan kebiasaaan merokoknya.

Lalu, apakah aman berbuka puasa dengan ngopi usai buka puasa? Dilansir dari hellosehat.com, saat berpuasa, tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 13 jam. Otomatis perut sedang dalam keadaan kosong. Nah, dalam keadaan ini Anda diharuskan untuk mengisinya kembali dengan makanan dan minuman yang bergizi.

Namun, jangan mentang-mentang tenggorokan sedang dilanda rasa haus Anda menyikat semua jenis minuman untuk membatalkan puasa. Ya, memang tidak semua minuman boleh Anda konsumsi begitu saja di saat perut sedang dalam keadaan kosong.

Kopi memang dinilai memiliki berbagai manfaat baik karena kaya akan antioksidan dan dapat mencegah risiko diabetes. Meski begitu, bukan berarti Anda diizinkan langsung minum untuk membatalkan puasa. Pasalnya, kopi menyumbang kafein dalam jumlah besar. Saat kafein yang terkandung pada kopi masuk ke dalam perut yang kosong, maka akan meningkatkan produksi asam lambung.

Terlebih lagi jika perut belum terisi dengan makanan apa pun, ini akan mengakibatkan produksi asam semakin meningkat hingga kemudian dapat merusak lapisan lambung.

Jika “ritual” minum kopi sebagai pendamping buka puasa ini Anda terapkan dalam waktu yang cukup lama selama bulan Ramadan, tentu akan berakibat buruk pada kondisi kesehatan Anda, khususnya sistem pencernaan. Bahkan bisa mengganggu kelancaran berpuasa Anda bila sampai membuat Anda jatuh sakit.

Maka, jika Anda ingin menikmati kopi di Bulan Ramadan, maka sebaiknya makan terlebih dulu sehingga lambung asam lambung sudah ternetralisir oleh makanan.

(Rahmi Djafar)

spot_img

Headline