31 C
Makassar
Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaRagamBolehkah Ibu Hamil Berpuasa?

Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa?

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan wanita hamil saat memasuki bulan Ramadan adalah apakah ibu hamil boleh puasa?

Perlu diketahui, puasa bagi ibu hamil sering kali dianggap sebagai aktivitas yang bisa membahayakan ibu dan janin.

Pernyataan itu tidak sepenuhnya benar, karena puasa juga bisa memberikan manfaat bagi ibu hamil. Sementara itu, sebagian besar ibu hamil yang tidak berpuasa karena khawatir akan pertumbuhan janin di dalam kandungannya.

BACA: Tips Mengatasi Rasa Haus Saat Puasa

Lantas, bagaimana dunia medis menjawab pertanyaan bolehkah ibu hamil puasa? Hamil boleh puasa atau tidak tergantung pada kondisi masing-masing individu.

Pada dasarnya, tidak ada larangan bagi wanita hamil untuk berpuasa. Namun, puasa bagi ibu hamil harus dilakukan dengan puasa sehat. Jika selama menjalani puasa badan menjadi lemas, keringat dingin, hingga perasaan ingin pingsan, segera berhenti melakukan puasa dan segera penuhi tubuh dengan asupan yang bernutrisi.

Dikutip dari laman DokterSehat, memasuki masa kehamilan, seorang wanita disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein, mineral, dan vitamin. Selain itu, ibu hamil juga jangan melewatkan asupan asam folat, zat besi dan kalsium saat sahur dan berbuka.

Berikut ini adalah beberapa tips puasa bagi ibu hamil, di antaranya:

Selalu tenang

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang puasa memiliki hormon stres yang lebih tinggi. Stres yang berlebihan bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan ibu dan janin. Oleh karena itu, agar puasa bagi ibu hamil tetap aman, Anda harus tetap tenang dan menghindari stres.

Jangan mengangkat beban berat

Terlepas dari puasa atau tidak, sebaiknya ibu hamil tidak mengangkat beban berat atau berjalan terlalu jauh. Kurangi semua aktivitas berat. Cobalah untuk rileks dan mengistirahatkan tubuh saat Anda merasa lelah.

BACA: 5 Alasan Kalsium Sangat Vital untuk Ibu Hamil

Konsumsi karbohidrat kompleks

BACA JUGA :  Cara Redakan 5 Penyebab Kram Perut Saat Hamil

Pilihan makanan yang baik bagi ibu hamil yang sedang menjalankan puasa adalah makanan-makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat, seperti buah kering, sayuran dan gandum utuh.

Selain itu, penuhi kebutuhan protein dari telur, daging, ikan, dan kacang-kacangan yang sudah matang.

Batasi konsumsi makanan manis

Membatasi makanan manis bagi ibu hamil berpuasa adalah suatu kewajiban. Konsumsi makanan manis berlebih dapat membuat kadar gula darah naik dan turun dengan cepat. Terlalu cepatnya perubahan gula darah dalam tubuh bisa menyebabkan rasa pusing dan lemas. Selain itu, jangan lupa batasi makanan tinggi lemak.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Meski puasa, kebutuhan cairan tubuh bagi ibu hamil yang menjalani puasa jangan sampai kekurangan. Kebutuhan air minum per harinya sekitar 1,5-2 liter, penuhi saat sahur dan berbuka. Hindari minuman berkafein karena berisiko menyebabkan dehidrasi.

spot_img

Headline