28 C
Makassar
Kamis, Oktober 6, 2022
BerandaDaerahBupati Adnan Paparkan Capaian Pemkab Gowa di Raker IKKG

Bupati Adnan Paparkan Capaian Pemkab Gowa di Raker IKKG

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mempaparkan sejumlah pencapaian Pemkab saat hadiri kegiatan Rapat Kerja (Raker) Badan Pengurus Nasional Ikatan Kerukunan Keluarga Gowa (IKKG) di Gedung Zamir Kampus IPDN Cilandak, Jakarta, Sabtu (11/12).

Adnan menyebutkan, hingga saat ini sudah ratusan penghargaan diterima Kabupaten Gowa.

Khusus periode pertama saja kepemimpinan Adnan, Gowa meraih 129 penghargaan. Baik di tingkat internasional, nasional maupun provinsi.

Kata Adnan, keberhasilan ini berkat kekompakan dan kebersamaan yang dibangun oleh segenap stake holder di Gowa.

“Diperiode pertama berkat kekompakan dan kebersamaan kita semua, kami mampu meraih 129 penghargaan. Penghargaan ini bukan karena keinginan kita, tetapi ada apresiasi kinerja yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gowa dan diakui internasional, nasional dan provinsi,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Pemkab Gowa Siapkan 42 Kuota untuk Program Investasi Seperempat Abad

Orang nomor satu di Gowa ini berharap capaian ini bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan sehingga mampu membawa Kabupaten Gowa yang lebih baik lagi dan masyarakatnya semakin sejahtera.

“Semoga capaian ini bukan hanya sekadar angka-angka saja. Tetapi Insya Allah bisa membawa masyarakat kita lebih baik dan sejahtera di masa yang akan datang,” ujarnya.

Selain ratusan koleksi penghargaan, Adnan juga mengungkapkan Indeks Pembangunan Manusia atau IPM Kabupaten Gowa yang semakin membaik.

Menurut Adnan, IPM Kabupaten Gowa masuk dalam kategori tertinggi. Hal ini dilihat dari beberapa faktor, mulai dari pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

“Kalau kita ingin lihat seberapa jauh perkembangan suatu daerah maka lihatlah IPMnya. IPM Kabupaten Gowa masuk pada kategori tinggi, IPM kita mulai 2015 hingga 2021 ini terus mengalami peningkatan,” ungkapnya.

Begitupun di sektor perekonomian. Bupati Adnan mengatakan perekonomian Kabupaten Gowa selalu tumbuh positif di atas 7 persen.

Bahkan saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia, perekonomian Kabupaten Gowa tetap tumbuh, walaupun hanya di atas 1 persen.

“Daerah lain banyak mengalami kontraksi perekonomian hingga minus di masa pandemi Covid-19. Alhamdulillah kita di Kabupaten Gowa bisa tetap tumbuh positif walaupun hanya 1 persen,” lanjutnya.

Kinerja sistem pemerintahan di Gowa juga jauh lebih baik. Sebagai indikator, Gowa berada pada urutan ke-21 di Indonesia dengan tata kelola pemerintahan terbaik.

“Data terakhir, dari ranking 50, kita naik ke 30 besar. Terakhir kita naik peringkat 21 dengan pemerintah terbaik kabupaten dan kota seluruh Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut Adnan mengaku bahwa kebijakan pembangunan Kabupaten Gowa mengacu pada nilai-nilai budaya yang ada.

Dirinya menyebutkan ada lima nilai-nilai budaya yang menjadi pegangan kebijakan pembangunan Kabupaten Gowa.

Pertama, Siri’ Napacce. Dimana rasa malu atau harga diri yang dipertahankan sehingga harkat dan martabat pemerintahan tetap terjaga.

Kedua Assamaturu. Program pembangunan dilaksanakan dengan azaz kebersamaan, seiya sekata dan gotong royong.

Selanjutnya yang ketiga Accera’ Sitongka-tongka dan A’bulo Sibatang. Yaitu senasib sepenanggungan dengan mengutamakan kekeluargaan serta persatuan mencapai tujuan.

Kemudian yang keempat yakni Siri’na Tumabuttayya Niaki Ripammarentayya, Pa’rupanna Gauka Niaki RI Tau Jaiyya, Parentai Tauwwa Di Ero’na. Yaitu harga diri masyarakat ada pada pemerintahanya.

Keberhasilan pembangunan ditentukan oleh partisipasi masyarakat, memimpin masyarakat sesuai harapannya.

Dan yang kelima atau terakhir filosofi orang Gowa Manna Ronrong Linoa, Gesara Butta Maraeng, Tau Gowayya Siama’-ama tonji.

“Membangun Kabupaten Gowa ini pemerintah tidak boleh jalan sendiri-sendiri tanpa didukung seluruh pihak yang ada,” terang Adnan.

Tidak sampai disitu saja. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini juga memaparkan rencana program Pemerintah Kabupaten Gowa untuk lima tahun kedepan.

Beberapa program strategis yang mengacu pada visi-misi Kabupaten Gowa telah dicanangkan.

Diantaranya pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, keagamaan, infrastruktur, pertanian dan peternakan.
Selain itu pemberdayaan UMKM, pemerintahan, pemuda dan olahraga dan sektor pariwisata.

“Saya berharap dukungan dari kita semua, termasuk masyarakat Kabupaten Gowa yang ada di perantauan. Mari berkolaborasi membangun kampung halaman agar masyarakat makin sejahtera di masa yang akan datang,” harapnya.

Pada kesempatan ini Adnan juga melaunching Data Base Paraikatte yang dirangkaikan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara IKKG dengan PT. Rumah Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa IT dan pengembangan UMKM.

spot_img

Headline