25 C
Makassar
Kamis, Desember 2, 2021
BerandaDaerahBupati Bone Pantau UN Berbasis Komputer 

Bupati Bone Pantau UN Berbasis Komputer 

- Advertisement -

BONE,SULSELEKSPRES.COM – Bupati Bone H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi memantau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tingkat SMA/Sederajat. Selasa, (02/04/2019) kemarin.

Adapun sekolah yang dipantau oleh Bupati Bone yakni SMA Negeri 1 Bone, MAN 1 Bone, dan SMA Negeri 3 Bone. Dalam memantau proses pelaksanaan UNBK itu, Bupati Bone didampingi Asisten 1 Andi Muhammad  Yamin, Plt Kepala Dinas Pendidikan Bone Hj Andi Syamsiar Halid, Kepala Kemenag Bone H Wahyuddin Hakim, dan Sekretaris Dinas Pendidikan Bone Nursalam.

Informasi dihimpun hasil pemantauannya melihat kesiapan sekolah selaku penyelenggara melaksanakan ujian berbasis UNBK. Selain memantau proses UNBK, H. Andi Fahsar juga berbincang dengan kepala sekolah masing-masing terkait persiapan sekolah, fasilitas yang tersedia seperti komputer, jumlah siswa peserta UNBK, dan lainnya

 “Alhamdulillah saya melihat disamping sekolah memang siap dan yang lebih penting adalah anak-anak kita juga pada siap semua. Terbukti belum selesai waktunya, soal sudah selesai dikerjakan,” ujar A.Fahsar dalam rilis diterima sulselekspres.com

Menurut Bupati Bone Dua Periode ini mengapresiasi pelaksanaan UN yang tidak lagi berjalan secara manual, melainkan sudah berbasis komputer.

“Pelaksanaan UNBK nilai integritasnya lebih tinggi, sehingga tingkat kebocoran soal hampir dipastikan sangat sulit terjadi dan itu bisa dilihat meski peserta ujian berdekatan siswa tidak bisa saling nyontek karena soal yang disajikan berbeda. jadi kemurnian nilai ilmiahnya sangat bagus, dan secara tidak langsung dapat meningkatkan integritas siswa,” tambahnya.

Dengan pelaksanaan UNBK tahun ini, Bupati Bone H.Andi Fahsar mengharapkan kualitas pendidikan semakin bagus, sehingga memberikan dampak kepada pengetahuan anak-anak.

“Karena ketika kualitas pendidikan bagus, maka masa depan daerah Kabupaten Bone juga menjadi lebih bagus. Untuk itu, mari kita menjaga penerapan kurikulum yang ada, dan yang lebih penting metode pembelajaran sesuai dengan standar yang ada. Memang kita menyadari masih ada kekurangan-kekurangan yang harus dilakukan perbaikan seperti kekurangan perangkat komputer, tapi saya kira pelang-pelang pemerintah akan memperbaiki itu,” harap Ketua IKA Fisip Unhas.

BACA JUGA :  Pemkab Lutim Berikan 6,5 Ton Beras untuk Korban Bencana di Gowa

Sekedar diketahui sekolah SMA atau sederajat yang melaksanakan UNBK di Kabupaten Bone sebanyak 78 sekolah dan yang gabung ada 26 sekolah yang mayoritas adalah madrasah swasta dibawah naungan
Kemenag. Sementara jumlah siswa yang mengikuti UNBK tahun ini sebanyak 8.428 orang. (*)

Laporan: Yusnadi

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.356,7
EUR
16.300,6
JPY
127,3
KRW
12,2
MYR
3.416,2
SGD
10.545,2