25 C
Makassar
Rabu, Februari 21, 2024
BerandaHealthCara Mengatasi Gatal-Gatal pada Kulit

Cara Mengatasi Gatal-Gatal pada Kulit

- Advertisement -
- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Gatal-gatal bisa terjadi pada satu area kulit atau bahkan pada seluruh tubuh. Kondisi ini bisa disebabkan oleh kulit kering, alergi, infeksi, gigitan serangga, scabies atau kudis, psoriasis atau dermatitis atopik.

Selain itu, gatal-gatal pada kulit juga bisa disebabkan oleh kondisi yang lebih serius, seperti anemia, penyakit ginjal, diabetes, atau penyakit hati.

Gatal-gatal pada kulit dapat sembuh dengan sendirinya atau diredakan dengan perawatan rumahan. Namun, gatal yang sampai mengganggu aktivitas sehari-hari memerlukan penangan dari dokter.

BACA JUGA :  Cara Menghilangkan Selulit pada Kulit

Cara Mengatasi Gatal-Gatal pada Kulit di Rumah

Umumnya gatal-gatal pada kulit akan membaik dalam waktu 2– 6 minggu. Namun, keluhan ini sebaiknya tetap diatasi, terutama jika sudah berlangsung lama dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Berikut ini adalah cara mengatasi gatal-gatal pada kulit yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Kompres dingin

Anda dapat meletakkan kompres dingin ke area yang terasa gatal selama kurang lebih 10 menit atau hingga rasa gatal menghilang. Suhu dingin dapat mengganggu dan mengalihkan saraf Anda dari rasa gatal.

2. Berendam dengan oatmeal

Oatmeal mampu membentuk skin barrier, meredakan peradangan, dan menjaga kelembapan kulit. Oleh karena itu, berendam menggunakan oatmeal bisa menjadi salah satu cara mengatasi gatal-gatal pada kulit.

Jenis oatmeal yang digunakan untuk meredakan gatal adalah colloidal oatmeal, bukan oatmeal yang biasa Anda konsumsi. Anda dapat membeli atau membuat sendiri colloidal oatmeal.

Berikut adalah cara mengatasi gatal-gatal pada kulit menggunakan oatmeal:

Giling oatmeal hingga menjadi bubuk halus
Siapkan air hangat di bak mandi
Taburkan 1 cangkir bubuk oatmeal ke dalam bak mandi
Berendamlah selama 10-15 menit
Keringkan badan dan segera oleskan pelembap bebas pewangi ke kulit

3. Mandi dengan air bersuhu ruang

Mandi menggunakan air bersuhu ruang juga bisa menjadi cara mengatasi gatal-gatal di kulit. Dengan mandi menggunakan air bersuhu ruang, kelembaban kulit dapat tetap terjaga.

4. Gunakan pelembap

Gatal juga bisa diatasi dengan mengoleskan pelembap ke kulit segera setelah Anda mandi. Produk ini dapat memerangkap air di kulit sehingga keluhan gatal tidak menjadi semakin parah. Pilihlah pelembap dengan formula yang lembut di kulit dan tanpa tambahan bahan pewangi.

BACA JUGA :  Cara Merawat Kulit di Usia 35 Tahun

Cara Mengatasi Gatal-Gatal pada Kulit dengan Obat Medis

Jika gatal tidak kunjung membaik dalam waktu 2 minggu setelah menerapkan cara mengatasi gatal-gatal pada kulit di rumah, Anda disarankan untuk pergi ke dokter kulit.

Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk memastikan penyebab gatal dan memberikan penanganan yang sesuai. Berikut adalah beberapa cara mengatasi gatal-gatal pada kulit yang direkomendasikan oleh dokter:

BACA JUGA :  3 Kebiasaan Mandi yang Ternyata Bisa Merusak Kulit

Pemberian obat oral

Beberapa jenis obat oral yang biasa digunakan untuk mengatasi berbagai penyebab gatal pada kulit adalah antihistamin, antijamur, antibiotik, antidepresan, dan antiparasit.

Pemberian obat topikal

Selain obat oral, dokter juga dapat meresepkan obat topikal. Obat topikal ini bisa berupa krim antijamur, krim antidepresan, krim permethrin, krim zinc oxide, dan krim anestesi

Selain cara mengatasi gatal-gatal pada kulit di atas, ada juga berbagai cara mencegah gatal-gatal pada kulit yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Menghindari mandi menggunakan air panas terlalu sering
  • Menggunakan produk perawatan kulit yang tidak mengandung bahan pewangi
  • Menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan lembut
  • Mengelola stres dengan baik

Jika cara mengatasi gatal-gatal pada kulit di atas tidak dapat menangani keluhan gatal yang Anda alami, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Begitu pula halnya jika gatal menjadi semakin parah, terjadi di seluruh tubuh, dan disertai penurunan berat badan yang drastis atau berkeringat di malam hari.

Sumber: alodokter

spot_img

Headline

Populer