32 C
Makassar
Senin, Desember 5, 2022
BerandaHealthCara Mengatasi Noda Hitam di Wajah Secara Alami

Cara Mengatasi Noda Hitam di Wajah Secara Alami

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Agar noda hitam tidak mengganggu penampilan, kamu bisa menghilangkannya dengan menggunakan bahan alami berikut ini.

Lemon

Lemon memang punya segudang manfaat untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit dan wajah. Buah satu ini memiliki kandungan vitamin C yang bisa membantu membuat warna kulit lebih rata dan cerah secara alami. Caranya juga sangat mudah, cukup basahi kapas dengan air perasan lemon. Selanjutnya, usapkan secara perlahan di permukaan wajah dan secara merata. Biarkan selama beberapa saat sebelum kamu membilas wajah dengan air bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bawang Putih

Bawang putih ternyata tidak hanya berkhasiat untuk mengobati penyakit, tapi juga bermanfaat untuk kecantikan. Memiliki kandungan yang bersifat anti-inflamasi dan anti-bakteri, bawang putih dapat membantu menghilangkan noda bekas jerawat. Caranya, oleskan irisan bawang putih atau tumbukan bawang putih pada bintik-bintik hitam di wajah. Biarkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

Lidah Buaya

Tidak harus ke seluruh wajah, flek hitam juga bisa muncul pada bagian wajah tertentu, contohnya hidung. Guna mengurangi munculnya noda mengganggu di area tersebut, kamu bisa memanfaatkan gel lidah buaya. Kandungan senyawa asam salisilat dan aloin pada lidah buaya bisa membantu menghilangkan noda hitam di area wajah secara alami. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya ke area wajah yang terdapat noda hitam setiap sebelum tidur malam. Bilas dengan air bersih esok paginya.

Kentang dan Madu

Siapa sangka, kentang juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk membantu menghilangkan noda hitam pada wajah. Bahan yang digunakan sebagai tambahan makanan tersebut mengandung banyak zat alami yang bisa membantu membuat kulit lebih cerah. Kamu bisa memberikan tambahan madu, air perasan lemon, dan teh susu bubuk untuk membuat masker wajah alami dari kentang.

Sementara itu, madu memiliki kandungan antioksidan yang memang sangat baik untuk menunjang kesehatan kulit, sehingga bisa membantu membuat kulit lebih cerah. Terlebih untuk bagian wajah yang terdapat noda bekas jerawat. Kandungan pada madu bisa membantu mengatasi masalah pigmentasi pada kulit.

Cuka Apel

Noda hitam yang muncul di wajah juga bisa terjadi karena efek samping pemakaian alat kontrasepsi tertentu, misalnya KB suntik atau pil. Jika ini menjadi masalah yang sedang kamu alami, kamu bisa mengurangi flek hitam tersebut dengan menggunakan cuka apel. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Postepy Higieny I Medycyny Doswiadczalnej menuliskan bahwa kandungan asam asetat pada cuka apel bisa membantu membuat warna kulit lebih cerah dan merata.

Cara membuatnya, campurkan beberapa tetes cuka apel ke dalam air pada mangkuk. Lalu, oleskan pada area kulit yang terdapat noda hitam atau noda bekas jerawat secara merata. Diamkan selama sekitar 2 hingga 3 menit dan bilas dengan menggunakan air bersih. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

Hindari langsung mengoleskan cuka apel pada kulit karena bisa memicu terjadinya iritasi. Apabila iritasi tetap terjadi meski kamu telah melarutkan cuka apel dengan apel, hentikan pemakaiannya dengan segera. Buat janji segera di rumah sakit terdekat.

Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer