26 C
Makassar
Selasa, November 29, 2022
BerandaHealthCara Mengatasi Pori-pori Besar

Cara Mengatasi Pori-pori Besar

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Fungsi pori-pori wajah adalah mengeluarkan minyak alami guna menjaga kulit tetap lembap, kenyal, dan sehat. Meski begitu, beberapa faktor bisa menyebabkan pori-pori wajah membesar dan memengaruhi tampilan wajah.

Ada banyak cara mengatasi pori-pori besar di wajah yang bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah, yaitu:

Menggunakan produk noncomedogenic

Perhatikan produk perawatan wajah yang Anda gunakan sehari-hari. Pastikan bahwa produk perawatan yang digunakan berlabel noncomedogenic. Artinya, produk perawatan tersebut tidak akan menyumbat pori-pori, sehingga tidak membuat tampilan pori-pori semakin membesar.

BACA JUGA :  Cerdas Pilih Pelembab Yang Pas Untuk Kulit Kering

Membersihkan wajah secara rutin

Anda dianjurkan untuk membersihkan wajah secara rutin sebanyak 2 kali sehari. Saat membersihkan wajah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, Anda disarankan untuk memilih pembersih wajah sesuai jenis kulit serta menghindari sabun muka berkandungan alkohol dan pewangi.

Hindari pula penggunaan air panas untuk mencuci muka karena bisa membuat pori-pori tampak semakin besar. Selanjutnya, bersihkan wajah secara lembut. Jangan gosok kulit wajah terlalu kencang karena kebiasaan ini dapat memicu iritasi kulit.

Menggunakan retinol pada malam hari

Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat, penggunaan skincare yang mengandung retinol pada malam hari cukup disarankan. Ini karena retinol bisa mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan atau memperparah kondisi jerawat.

BACA JUGA :  Awas salah, Kenali 10 Cara Cuci Muka yang Benar

Selain itu, retinol juga dapat merangsang produksi kolagen dan elastin sehingga mampu mengecilkan pori-pori. Meski manfaat retinol untuk kulit ada banyak, Anda harus memakai retinol dengan benar. Pemakaian retinol dengan cara yang kurang tepat dapat memicu iritasi kulit.

Melakukan eksofoliasi secara rutin

Melakukan eksfoliasi secara rutin, yaitu 1–2 kali dalam seminggu, juga menjadi bagian dari cara mengatasi pori-pori besar. Dengan melakukan eksfoliasi wajah, sel kulit mati dan minyak berlebih di wajah bisa terangkat sehingga tidak menyumbat pori-pori wajah.

Untuk melakukan eksfoliasi wajah di rumah, Anda bisa memanfaatkan bahan alami, seperti oatmeal, yoghurt, atau madu. Sedangkan untuk eksfoliasi wajah dengan bahan kimia, Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung alpha hydroxy acids (AHA) dan beta hydroxy acids (BHA).

Meski dapat mengecilkan pori-pori wajah, Anda tidak dianjurkan untuk melakukan eksfoliasi wajah ketika kulit wajah sedang mengalami iritasi dan banyak jerawat.

Memakai masker tanah liat

Guna mengecilkan pori-pori wajah yang besar, Anda juga bisa menggunakan masker tanah liat sebanyak 1–2 kali seminggu. Namun, jangan lakukan di hari yang sama dengan eksfoliasi wajah karena bisa memicu iritasi kulit.

BACA JUGA :  Senam Wajah Dapat Kencangkan Kulit Kendur

Penggunaan masker tanah liat, baik dengan kandungan bentonite atau kaolin, bisa mengangkat minyak, kotoran, dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori sehingga pori-pori wajah bisa menjadi lebih kecil.

Mengoleskan tabir surya ke wajah setiap hari

Salah satu penyebab pori-pori wajah besar adalah paparan sinar matahari berlebih. Nah, untuk meminimalkan dampak buruk sinar matahari, Anda disarankan untuk mengoleskan tabir surya ke kulit wajah setiap akan beraktivitas di luar ruangan.

Agar manfaat dari penggunaan tabir surya bisa diperoleh secara maksimal, perhatikan aturan penggunaannya. Anda dianjurkan untuk menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF 30 atau lebih.

Oleskan tabir surya 15–30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan dan usahakan untuk mengoleskan tabir surya secara berkala, yaitu setiap 2 jam sekali.

Cara Mengatasi Pori-Pori Besar secara Medis

Jika cara alami sudah dilakukan tapi pori-pori masih juga tampak besar dan menggangu penampilan, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter. Dokter akan merekomendasikan beberapa metode perawatan berikut ini:

Laser

Selain mampu mengecilkan pori-pori, laser juga dapat mengencangkan kulit, memudarkan noda bekas jerawat, dan mengatasi hiperpigmentasi kulit. Ini karena tindakan laser pada kulit bisa merangsang pembentukan sel kulit baru yang lebih sehat dan mendorong produksi kolagen.

Kolagen merupakan protein penting yang dibutuhkan untuk menjaga elastisitas dan hidrasi kulit, sehingga kesehatan kulit lebih terjaga.

Microneedling

Metode ini dilakukan dengan menyuntikkan jarum kecil ke kulit guna merangsang produksi kolagen. Sama halnya dengan laser, tindakan ini tidak hanya mampu mengecilkan pori-pori wajah saja, tapi juga menghilangkan bekas jerawat, bekas operasi di kulit, dan kerutan.

Mikrodermabrasi

Prosedur medis lain yang juga dapat mengatasi pori-pori besar di wajah adalah mikrodermabrasi. Prosedur ini mampu mengangkat sel atau lapisan kulit terluar, sehingga dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat.

Tindakan mikrodermabrasi tidak disarankan jika kulit Anda sedang berjerawat atau mengalami iritasi.

Itulah beberapa cara mengatasi pori-pori besar di wajah. Selain perawatan dari luar, Anda juga perlu melakukan perawatan kulit dari dalam. Caranya adalah dengan minum air putih yang banyak agar kelembapan kulit tetap terjaga. Selain itu, konsumsi pula makanan sehat dengan gizi seimbang.

Sumber: Alodokter

spot_img

Headline

Populer