28 C
Makassar
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaHealthCara Menghilangkan Stres agar Pikiran Tenang

Cara Menghilangkan Stres agar Pikiran Tenang

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Stres tak lepas dari kehidupan sehari-hari dan bisa timbul kapan pun. Kondisi ini mudah dipicu oleh berbagai hal, mulai pekerjaan, masalah finansial, masalah keluarga hingga masalah kesehatan.

Namun, stres acap kali diabaikan karena dinilai bisa mereda dengan sendirinya. Padahal, hal ini perlu cepat ditangani agar tidak berkembang kronis alias jangka panjang. Sebab, stres kronis bisa menimbulkan berbagai dampak negatif untuk fisik dan mental.

Nah, sebaiknya segera cari koping stres apabila kondisi ini mulai mengacaukan pikiran kamu dan menghambat aktivitas sehari-hari. Hal tersebut menjadi pertanda kalau stres mulai tidak sehat dan bisa menetap lebih lama.

Melansir dari Mayo Clinic, berikut cara efektif untuk menghilangkan stres:

1. Bergerak aktif

Hampir semua bentuk aktivitas fisik mampu meredakan stres. Walaupun tubuh sedang tidak bugar, olahraga tetap bisa menjadi pereda stres yang paling efektif. Alasannya, aktivitas ini mampu memompa endorfin, hormon yang memicu perasaan senang.

Olahraga juga mampu meningkatkan fokus dan suasana hati. Tak perlu berolahraga berat sekaligus, cukup berjalan kaki, joging, berenang, angkat beban atau bersepeda. Jika kamu tidak suka berolahraga, bergerak aktif seperti berkebun dan membersihkan rumah juga bisa memberikan manfaat yang sama.

2. Konsumsi makanan sehat

Hindari makanan-makanan yang bisa memperburuk stres. Misalnya seperti kafein, gula, dan minuman beralkohol. Makanan dan minuman tersebut bisa meningkatkan detak jantung, menyebabkan kegelisahan, dan membuat sulit tidur. Sebaliknya, perbanyak buah, sayuran, kacang dan biji-bijian.

3. Tinggalkan kebiasaan yang tidak sehat

Tak sedikit orang yang beralih ke alkohol, rokok dan makan berlebihan saat stres. Bukannya mereda, kebiasaan ini justru memperparah kondisi yang ada sekaligus membahayakan kesehatan. Mulai batasi atau tinggalkan kebiasaan yang tidak sehat tersebut.

4. Jangan mengisolasi diri

Saat stres dan mudah tersinggung, insting seseorang seringkali ingin mengasingkan diri. Sebaliknya, temui keluarga dan teman-teman dekat untuk meredakan stres. Mereka bisa memberikan solusi atau sekedar dukungan agar kamu keluar dari masalah yang tengah dihadapi.

Tak perlu bertemu, sekedar bertelepon atau mengirim pesan juga bisa meringankan beban yang ada. Jika kamu punya banyak waktu luang, bergabung ke dalam komunitas atau menjadi sukarelawan juga bisa menjadi solusi.

5. Cukupi kebutuhan tidur

Stres dapat memicu pikiran-pikiran negatif yang dapat menyulitkan tidur. Padaal, tidur adalah waktu yang tepat untuk otak dan tubuh beristirahat. Jika kualitas tidur tidak terpenuhi, hal ini bisa memengaruhi suasana hati, menurunkan energi dan menurunkan konsentrasi.

Jadi, usahakan tidur tepat waktu untuk mencegah kondisi-kondisi di atas. Untuk membentuk rutinitas tidur yang baik, hindari pemakaian barang elektronik sebelum tidur, bersihkan tempat tidur, meredupkan lampu dan tidur di jam yang sama secara konsisten.

6. Jangan ragu untuk melakukan konseling

Jika dirasa stres tidak mampu kamu atasi sendiri, tidak ada salahnya untuk mendapatkan bantuan dari profesional. Jangan ragu untuk melakukan konseling dengan konselor apabila kamu merasa kewalahan atau terjebak oleh masalah yang tengah dihadapi.

Terapis profesional dapat membantu mengidentifikasi sumber stres dan memberikan bantuan untuk menanganinya.

Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer