27 C
Makassar
Saturday, June 22, 2024
HomeHealthCara Mudah Tetap Sehat dalam Waktu Singkat

Cara Mudah Tetap Sehat dalam Waktu Singkat

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Terlepas dari durasi yang direkomendasikan, kesibukan bisa membuat kamu tidak rutin berolahraga. Jika demikian, kamu tetap bisa sehat meski hanya dalam waktu singkat. Begini caranya:

Bangun Lebih Pagi

Bangun lebih pagi tidak hanya membuat kamu lebih leluasa menjalani aktivitas. Rutinitas satu ini juga baik untuk membantu membuat tubuh lebih segar. Sebab, kamu tidak perlu terburu-buru untuk melakukan segala sesuatu yang berujung pada tubuh yang menjadi cepat lelah. Tak hanya itu, bangun pagi juga membuat kamu bisa meluangkan sedikit waktu untuk berolahraga sebelum bekerja.

Sarapan Bergizi

Orang yang sarapan setiap pagi melaporkan lebih sedikit kelelahan dan stres dibandingkan dengan orang yang melewatkan sarapan. Makanan berserat tinggi, seperti oatmeal akan bertahan lebih lama daripada roti atau kue manis. Seiring berlalunya hari, makan dengan kandungan serat yang tinggi akan membuat kamu kenyang lebih lama.

Olahraga Ringan

Olahraga adalah penambah energi alami, karena setiap kali kamu melakukannya, darah yang kaya oksigen mengalir melalui tubuh ke jantung, otot, dan otak. Melakukan olahraga secara teratur setiap hari, bahkan jika kamu hanya dapat meluangkan waktu 10 menit akan membantu menjaga tingkat energi tetap maksimal. Aktiflah bergerak meski kamu sedang sangat sibuk, misalnya dengan berjalan atau berputar saat bertelepon, naik turun dengan tangga, atau melakukan peregangan ringan.

Kelola Stres dengan Baik

Stres sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan, baik secara fisik maupun mental. Jadi, pastikan kamu mengelola stres dengan baik, caranya yaitu berlatih pernapasan, yoga, meditasi setiap pagi, mendengarkan musik yang menenangkan, merencanakan perjalanan, atau bisa dengan berjemur di pagi hari.

Jaga Pola Makan

Tak ketinggalan, menjaga pola makan juga menjadi cara tetap sehat yang bisa kamu lakukan. Pastikan kamu tetap memperhatikan asupan gizi harian, mengurangi makanan tinggi gula dan lemak, membatasi asupan kafein dan minuman beralkohol, dan mengurangi asupan makanan siap saji. Ganti camilan manis dengan buah-buahan atau salad, bisa pula mengonsumsi yogurt atau roti gandum.
Sumber: halodoc.com

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img