25 C
Makassar
Sabtu, April 10, 2021
BerandaHeadlineCoast Guard Cina di Natuna, Susi: Tetap Jaga Investor dan Hukum Pencuri

Coast Guard Cina di Natuna, Susi: Tetap Jaga Investor dan Hukum Pencuri

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Kapal Coast Guard China yang memasuki teritori laut Indonesia tanpa izin di wilayah perairan Natuna, mebyebabkan hubungan kedua negara memanas.

Pandangan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Dia meminta agar masalah itu tidak dibesar-besarkan, mendapat tanggapan dari mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, melalu akun twitternya saat membalas link berita pernyataan Luhut.

“Kita jaga persahabatan antarbangsa. Kita undang investor untuk investasi. Kita jaga investor. Dan kita akan tetap menghukum pencuri sumber daya perikanan kita. Kita bedakan tiga hal itu dengan baik dan benar,” cuitnya dilansir Minggu (5/1/2020) via detikdotcom.

Susi menilai menjaga hubungan baik antarnegara bukan berarti harus mengalah. Menjaga hubungan baik tercipta dengan saling menghormati.

“Hubungan baik antarnegara adalah karena dalung (saling) menghormati,” tambahnya.

Sebelumnya Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta jangan terlalu membesar-besarkan masalah di Natuna. Menurutnya, kejadian ini menjadi bahan introspeksi pemerintah karena kurang menempatkan kapal penjaga di Natuna. Luhut menegaskan pemerintah pun sedang melakukan peningkatan mutu pada Badan Keamanan Laut.

Sebelumnya, Peneliti Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi, mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus memperlihatkan ketegasan dan kemampuan diplomasi, terkait sengketa perairan Natuna dengan China.

- Advertisment -

Headline