31 C
Makassar
Senin, September 26, 2022
BerandaHealthDampak Kecanduan Media Sosial untuk Kesehatan Mental

Dampak Kecanduan Media Sosial untuk Kesehatan Mental

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Penggunaan media sosial secara berlebihan dapat menimbulkan kecanduan. Hal ini diungkapkan pada penelitian dari Universitas Nottingham Trent yang menganalisis karakteristik psikologis, kepribadian, dan kaitannya dengan penggunaan media sosial.

Hasilnya, seseorang bisa kecanduan media sosial jika penggunaannya tak kenal. Tanda-tandanya bisa berupa mengabaikan kehidupan pribadi dan memengaruhi suasana hati, seperti cemas dan gelisah saat berhenti menggunakannya.

Tidak Sebatas Kecanduan Saja

Banyaknya jumlah followers di media sosial tidak menjamin kebahagiaan seseorang. Sebuah studi dari ahli antropologi dan psikologi asal Inggris, R.I.M Dunbar, menunjukkan bahwa otak manusia terbatas dalam menangani banyaknya teman. Seseorang bisa menjaga hubungan pertemanannya hanya dengan interaksi sosial lewat tatap muka langsung, bukan melalui layar saja.

Bukan itu saja, pemakaian media sosial juga cenderung membuat seseorang suka membandingkan dirinya dengan kehidupan orang lain. Hal tersebut didukung dengan penelitian dari Universitas Palo Alto, Amerika Serikat pada Oktober 2014 lalu. Lama kelamaan, rasa membanding-bandingkan ini bisa menurunkan kepuasan hidup seseorang sampai berujung pada kecemasan dan depresi.

Studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Mental Health and Addiction telah menganalisis pengaruh media sosial terhadap kesehatan mental orang dewasa di Indonesia. Hasilnya adalah penggunaan media sosial bisa menyebabkan depresi hingga 9 persen.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline