24 C
Makassar
Rabu, Juli 6, 2022
BerandaRagamDampak minum jus buah di pagi hari

Dampak minum jus buah di pagi hari

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Jus buah termasuk dalam minuman yang paling baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan oleh bahan utamanya yang merupakan buah-buahan asli yang kaya akan kandungan serat, vitamin, dan berbagai nutrisi lainnya.

Namun, ada anggapan yang menyebut jus buah sebaiknya tidak diminum di pagi hari karena kurang baik bagi kesehatan.

BACA: Tips Minum Jus Bagi Penderita Diabetes

Dilansir DokterSehat, sebuah penelitian membuktikan bahwa rutin minum jus buah di pagi hari bisa memicu peningkatan risiko diabetes tipe 2. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat di dalam jus buah yang sebenarnya sudah hancur saat proses pengolahan jus. Selain itu, kandungan gula alami di dalam buah yang dijadikan jus biasanya juga cukup tinggi. Apalagi jika di dalam jus ini juga diberi tambahan gula cukup banyak.

Selain itu, jus buah cenderung jauh lebih cepat diserap oleh tubuh dibandingkan dengan buah utuh. Hal ini berarti, setelah mengonsumsinya, kadar gula darah akan naik dengan sangat cepat. Jika kita terlalu sering meminumnya di pagi hari saat tubuh sedang berusaha untuk mencari sumber energi, maka risiko untuk mengalami diabetes bisa naik.

Selain tidak meminumnya di pagi hari, pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi asupan jus maksimal satu gelas saja setiap hari. Selain itu, pastikan bahwa jus buah ini tidak diberi tambahan gula dan bukan jus kemasan karena biasanya juga tinggi kandungan gula. Jika memang kita memiliki kesempatan untuk memakan buah utuh, akan jauh lebih baik mengonsumsinya daripada minum jus.

BACA JUGA :  Tips Minum Jus Bagi Penderita Diabetes
spot_img
spot_img

Headline