32 C
Makassar
Kamis, Desember 8, 2022
BerandaHealthDampak Negatif Gaya Hidup Tidak Sehat

Dampak Negatif Gaya Hidup Tidak Sehat

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Gaya hidup tidak sehat rentan membuat seseorang lebih berisiko untuk mengalami gangguan kesehatan atau penyakit tertentu. Bahkan, otoritas kesehatan Australia dan Selandia Baru menyatakan bahwa sebagian besar kematian penduduknya berasal dari penyakit seperti kanker, diabetes, dan obesitas yang dipicu oleh kebiasaan hidup yang tidak sehat.

Bahkan menurut World Health Organization (WHO), 60 persen faktor yang berhubungan dengan kesehatan individu dan kualitas hidup berhubungan dengan gaya hidup.

Penyakit yang dialami oleh seseorang biasanya memang berasal dari pola hidup yang dijalani. Misalnya, orang yang mengidap kanker paru-paru sebagian besar karena kebiasaan merokok yang sulit dihentikan. Alhasil, kebiasaan tersebut membuat dampak negatif bagi pengidapnya, bahkan berujung kematian.

Sebaliknya, gaya hidup yang sehat akan mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh serta dapat membentuk sistem imun untuk melawan berbagai penyakit.

Gaya Hidup Tidak Sehat yang Harus Dihindari

Untuk menghindari bahaya dari kebiasaan yang tidak sehat ini, kamu perlu mengetahui beberapa gaya hidup tidak sehat yang wajib dihindari, seperti:

Tidak Pernah Berolahraga

Gaya hidup tidak sehat yang paling umum adalah jarang atau tidak pernah berolahraga. Padahal, olahraga telah terbukti tak hanya menghilangkan stres, tetapi juga membantu menurunkan risiko berbagai penyakit. Salah satunya adalah penyakit jantung, karena olahraga dapat menurunkan tekanan darah dan memperkuat otot jantung.

Selain itu, olahraga juga bermanfaat dalam mempertahankan berat badan yang ideal. Menariknya lagi, olahraga juga diketahui dapat melepaskan bahan kimia peningkat suasana hati yang disebut endorfin.

Kurang Minum Air Putih

Banyak orang menyepelekan manfaat minum air putih. Padahal, air putih adalah cairan paling penting karena punya beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Jika kamu mengonsumsi air putih dengan cukup, kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Seperti mencegah dan mengatasi sakit kepala, meringankan sembelit, mencegah batu ginjal, membantu menurunkan berat badan, menjaga kesehatan kulit, menjaga suhu tubuh, membantu penyerapan nutrisi, hingga memaksimalkan performa fisik.

Merokok dan Minum Alkohol

Penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke sangat dipengaruhi oleh merokok. Merokok dapat mempercepat aliran darah sehingga mencegah darah mencapai jantung, otak, atau kaki.

Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak alkohol juga diketahui berdampak buruk bagi hati. Alkohol juga meningkatkan kemungkinan seseorang terkena tekanan darah tinggi dan stroke.

Jika kamu merokok, pertimbangkan untuk mengurangi jumlah rokok yang dihisap setiap hari hingga bisa berhenti total. Jika kamu sering minum alkohol, pastikan untuk menjaga dosis seminimal mungkin.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer