26 C
Makassar
Senin, Maret 4, 2024
BerandaPolitikDi Manado, Cawapres Gibran Serap Aspirasi Anak Muda dan Komunitas Kreatif Sulawesi...

Di Manado, Cawapres Gibran Serap Aspirasi Anak Muda dan Komunitas Kreatif Sulawesi Utara

- Advertisement -
- Advertisement -

MANADO, SULSELEKSPRES.COM – Gibran Rakabuming Raka mengunjungi Kota Manado, Sulawesi Utara, Minggu (24/12/2023). Kegiatan pertama yang dilakukan adalah bertemu dengan komunitas kreatif yang digawangi anak-anak muda.

Melalui pertemuan itu, Gibran tidak hanya melihat karya-karya yang telah dihasilkan, tetapi juga mendengar serta menyerap aspirasi para penggerak komunitas kreatif agar lebih berkembang di masa mendatang.

Dikemas dengan tajuk “Gibran Mendengar”, puluhan peserta hadir mewakili berbagai komunitas kreatif, start up, UMKM lokal, kreator konten, dan lain-lain. Pertemuan digelar di Kawasan Wisata Kuliner di Jalan Roda, Manado dalam suasana yang hangat dan akrab mulai pukul 08.00-12.00 WITA.

“Anak-anak Manado saya lihat hebat-hebat. Banyak tokoh-tokoh nasional yang terkenal sejak muda dari Manado. Tempat-tempat di sini juga menarik, kalau direvitalisasi bisa dibuat seperti di Osaka, Jepang,” kata Gibran Rakabuming Raka.

Menurut Gibran, kehadirannya di Manado menjadi bentuk kepedulian untuk memperhatikan potensi untuk memajukan wilayah Indonesia timur khususnya melalui industri kreatif. Gibran ingin sekali melihat karya anak-anak muda dari Manado bisa menjadi pengungkit kemajuan ekonomi di daerah.

“Bonus demografi hanya akan datang sekali tahun 2045. Jangan sampai kita terjebak middle income trap. Harus dimulai dari sekarang menyiapkan potensi anak-anak muda. Jangan sampai telat, kalau nggak Indonesia akan begini-begini saja,” lanjut Gibran.

Masih ada tantangan yang menjadi pekerjaan rumah bagi seluruh komunitas kreatif di Manado untuk lebih berkembang. Kepada Gibran mereka berharap mendapatkan akses creative hub yang lebih banyak lagi menjadi pusat inkubasi dan mentoring bisnis. Para peserta juga berharap mendapatkan akses permodalan dan pendampingan usaha. Banyak anak muda Manado yang memiliki potensi namun belum berani untuk mengakses pinjaman modal lebih besar.

BACA JUGA :  TPN Ganjar-Mahfud: Kampanye Sabang-Merauke Demi Persatuan dan Pemerataan Ekonomi

Dalam kesempatan tersebut, Gibran juga meluangkan waktu untuk menikmati live music yang diisi musisi lokal yakni Teman Klasik dan Makjinia. Gibran juga mencicipi aneka kuliner, melihat proses pembuatan kopi, dan memborong produk UMKM lokal yang dipamerkan di lokasi acara.

spot_img

Headline

Populer