24 C
Makassar
Sabtu, April 17, 2021
BerandaMetropolisDisnaker Kota Makassar Seleksi 155 Peserta Magang ke Jepang

Disnaker Kota Makassar Seleksi 155 Peserta Magang ke Jepang

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar menggelar seleksi bagi para calon peserta magang di berbagai perusahaan yang ada di Jepang.

Diketahui, Disnaker kota Makassar telah bekerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja RI dan IM Japan untuk mengadakan seleksi magang ke Jepang. Program ini sendiri sudah dilaksanakan sejak tahun lalu, dan tahun ini menjadi tahun kedua.

Ada berbagai tahapan yang harus dilalui setiap peserta dalam seleksi ini. Akan tetapi, pengetahuan, kemampuan, serta skill, tentu akan menjadi bahan penilaian yang diprioritaskan.

Meski begitu, animo masyarakat untuk ambil bagian dalam seleksi ini cukup tinggi. Sebab ada 155 peserta yang hadir dan memadati ruang seleksi, Ruang Sipakatau, Balai Kota Makassar, Senin (9/12/2019).

Tahapan seleksi calon peserta magang ini dijadwalkan akan berlangsung selama tiga hari secara beruntun dan akan berakhir pada tanggal (12/12/2019) mendatang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan, mengungkapkan bahwa program ini bertujuan untuk memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang memiliki kemampuan dan keahlian serta ingin bekerja di Jepang.

“Program ini untuk mereka yang ingin bekerja di Jepang. Dengan catatan harus memiliki kemampuan dan juga keahlian, supaya kalau sudah tiba di sana tidak mencoreng nama Makassar,” ujar Irwan.

“Peserta yang lolos seleksi, nantinya akan kami tempatkan di perusahaan Jepang dan diberikan upah sesuai dengan standar yang berlaku di sana,” lanjutnya.

Agenda ini turut dihadiri oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Makassar, Sittiara, perwakilan IM Japan di Indonesia, Komiya, dan Noto Panggabean, selaku Perwakilan Direktur Pemagangan Kementerian Tenaga Kerja RI.

Seleksi magang ke luar negeri ini dibuka dengan tes Matematika dan tes kesamaptaan. Kemudian esok dilanjutkan dengan tes ketahanan fisik, lalu medical check up.

Setelah itu, para peserta akan rehat selama 2 bulan untuk kursus bahasa Jepang lalu akan dites kembali kemampuan bahasanya. Untuk setiap tahapan tes ini berlaku sistem gugur dan akan dicari peserta yang benar-benar siap bekerja di perusahaan asing.

Untuk biayanya sendiri semuanya telah dianggarkan oleh Disnaker Makassar, sehingga semua peserta hanya perlu menyiapkan fisik serta mengasah kemampuan saja.

Penulis : Widyawan Setiadi

- Advertisment -

Headline