31 C
Makassar
Sabtu, April 17, 2021
BerandaEkbisEkonomi Digital, CSIS-Tenggara Strategics Catat Grab Sumbang Rp4,2 Triliun di Makassar

Ekonomi Digital, CSIS-Tenggara Strategics Catat Grab Sumbang Rp4,2 Triliun di Makassar

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Centre for International and Strategic Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics dalam rangkaian riset yang menempatkan perusahaan aplikasi Grab sebagai studi kasus.

Hal itu terungkap saat menggelar diskusi Publik Manfaat Ekonomi Digital, di Hotel Four Points Makassar, Selasa (6/9/2019).

Hasilnya mitra Grab menyumbang sekitar Rp4,2 triliun untuk ekonomi Makassar di tahun 2018. Penelitian tersebut dilakukan di lima kota besar dengan hasil Rp48,9 triliun untuk tahun 2018.

BACA: Menristekdikti Bakal Hadir, Pemkot Makassar Sambut Rakornas ALPKT PTM

Sebelumnya, riset Tenggara Strategics dan CSIS yang hasilnya dipublikasi 11 April 2019, menyimpulkan bahwa, kehadiran grab telah memberi kontribusi sebesar Rp48,9 triliun terhadap perekonomian Indonesia melalui pendapatan para pengemudi GrabBike dan GrabCar, mintra GrabFood dan agen Kudo Individual.

“Dengan memberi peluang pendapatan kepada sekitar 300.000 pengemudi dan 40 agen Kudo individual yang sebelumnya menganggur, diperkirakan input ekonomi Grab mencapai Rp16,4 triliun pada 2018,” ungkap Direktur Eksekutif Tenggara Strategics Riyadi Suparno.

- Advertisment -

Headline