31 C
Makassar
Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaNasionalEstimasi Anggaran Pindah Ibu Kota Rp400 Triliun, Ini Sumber Dananya

Estimasi Anggaran Pindah Ibu Kota Rp400 Triliun, Ini Sumber Dananya

- Advertisement -

JAKARTA, SULSELEKSPRES.COM – Rencana pemindahan ibu kota, diestimasikan anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp400 triliun.

Dilansir dari Detikdotcom, Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Ahmad Erani Yustika mengatakan, pemerintah tak bakal banyak menggunakan APBN dalam pembiayaan pindah ibu kota.

“Pemerintah sendiri nanti akan sangat minimal menggunakan dana dari APBN. Terbatas sekali,” katanya dalam acara diskusi perspektif Indonesia di Gado-gado Boplo, Jakarta, Sabtu (4/5/2019).

Seluruh pembiayaan ibu kota baru dari beberapa persen APBN akan dicicil. “Arahan dari Presiden akan sedikit sekali pakai APBN. Karena, APBN nantinya akan diambil dari anggaran multi years,” ujar dia.

Untuk pembiayaannya akan menggunakan sebagian besar hasil dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta.

Baiaya tersebut akan dipakai untuk membangun sarana dan prasarana pendukung ibu kota. Antara lain akan disiapkan di ibu kota baru di antaranya adalah kantor-kantor pemerintahan, perumahan aparatur negara, sarana pelayanan sosial dasar seperti sekolah, rumah sakit hingga sarana pelayanan publik lainnya.

“Dalam kajian Bappenas untuk keperluan pemindahan ibu kota yg isinya kantor-kantor, perumahan aparatur pemerintah, sarana pelayanan sosial dasar maupun publik, dan beberapa hal pokok lainnya itu dibutuhkan sekitar 40.000 hektare,” kata Erani.

Sebelumnya, desain awal atau kajian yang diperlukan sudah dipresentasikan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas dalam rapat terbatas (ratas) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pekan ini.

 

(Rahmi Djafar)

spot_img

Headline