24 C
Makassar
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaDaerahHari Pahlawan ke-77, Taufan Pawe Ajak Tanamkan Tekad Keikhlasan Pejuang Kemerdekaan

Hari Pahlawan ke-77, Taufan Pawe Ajak Tanamkan Tekad Keikhlasan Pejuang Kemerdekaan

- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menjadi inspektur upacara peringatan hari pahlawan ke-77 tahun, yang dilaksanakan di halaman Kantor Setdako, Kamis (10/11/2022).

Kegiatan yang diperingati setiap tanggal 10 November ini diikuti seluruh forkopimda Kota Parepare, TNI-Polri, para veteran dan sejumlah organisasi masyarakat.

Kesempatan itu, Wali Kota Parepare membacakan amanat Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini. Dia mengatakan, hari pahlawan setiap tahun diperingati dengan renungan untuk menemukan kembali jejak para pahlawan.

“Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para pahlawan bangsa. Dari para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya,” katanya.

Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini menjelaskan, dengan hanya berbekal bambu runcing para pahlawan dengan semangat bergerak serempak menghadang musuh yang merupakan pemenang perang dunia dengan persenjataan terbaiknya.

Rakyat, lanjut dia, bergandengan tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama, berikut dengan pengikut dan para santri, laskar pemuda, dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur jadi satu. Merdeka atau mati.

“Para pejuang kemerdekaan Indonesia secara gagah berani melawan tentara-tentara musuh yang bersenjata lengkap, mereka telah berkorban sampai tetes darah penghabisan,” ungkapnya.

Menurut Walikota berlatar belakang doktor hukum ini, hari ini pun rakyat Indonesia berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata seperti pemanasan global yang memicu beragam bencana alam serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih.

“Kesiapsiagaan kita menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid-19 serta kelangkaan sumber daya harus senantiasa diperjuangkan. Para pahlawan telah mengajarkan bahwa kita bukan bangsa pecundang, sebesar apapun tantangan akan dihadapi dengan tangan mengepal dan dada bergelora,” tandasnya.

BACA JUGA :  Edukasi Pelaku Usaha, Pemkot Parepare Gelar Bimtek OSS RBA
spot_img

Headline

Populer