25 C
Makassar
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaHealthKetahui 4 Cara Mengatasi Asma di Malam Hari

Ketahui 4 Cara Mengatasi Asma di Malam Hari

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Mengalami asma saat malam hari tentu tidak enak dan bisa mengganggu waktu tidur. Namun, nyatanya gejala penyakit tersebut sering kali memburuk pada malam hari. Asma yang kambuh pada malam hari disebut nokturnal asma.

Sebuah studi dalam Journal of Asthma yang melibatkan sekitar 14.000 orang dengan asma menemukan, bahwa 60 persen dari mereka yang mengalami asma kronis mengalami gejala asma di malam hari.

Gejala asma, seperti sesak napas, dada terasa sesak, batuk dan mengi di malam hari bisa membuat  sulit tidur. Akibatnya, pengidapnya akan bangun dengan perasaan lelah pada pagi harinya dan mudah tersinggung.

Lantas, bagaimana cara mengatasi asma di malam hari?

Cara Mengatasi Asma di Malam Hari

Orang yang mengidap asma berisiko mengalami perburukan gejala di malam hari. Alasan nokturnal asma terjadi masih belum diketahui secara pasti. Namun, ada berbagai hal yang bisa memicunya, seperti paparan alergen di tempat tidur (debu, tungau), suhu kamar yang dingin, posisi berbaring saat tidur, penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD), dan lain-lain.

Meskipun semua pengidap bisa mengalami gejala asma di malam hari, tapi pengidap yang memiliki kelebihan berat badan (obesitas), rinitis alergi, merokok, memiliki masalah pencernaan, dan masalah kesehatan mental berisiko lebih tinggi mengalaminya.

Cara mengatasi asma di malam hari pada dasarnya sama seperti cara mengatasi asma pada biasanya. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gejala asma yang kambuh di malam hari:

1. Gunakan obat asma

Tidak ada obat khusus untuk mengatasi  asma malam hari. Namun, obat asma harian, seperti steroid inhalasi, sangat efektif untuk mengurangi peradangan dan mencegah gejala kambuh pada malam hari. Karena asma nokturnal bisa terjadi kapan saja saat tidur, jadi gunakanlah obat asma yang bisa bekerja dalam waktu lama.

Bronkodilator kerja lama yang diberikan dalam inhaler asma bisa efektif dalam mencegah bronkospasme dan gejala asma. Cara mengatasi asma malam hari lainnya juga bisa dengan menggunakan kortikosteroid inhalasi kerja lama.

2. Menjaga kamar tidur bersih dan nyaman

Bila alergen seperti tungau debu berkontribusi pada gejala asma yang kamu alami di malam hari, maka cara efektif untuk mengatasinya adalah dengan mencuci seprai, selimut dan bed cover secara teratur.

Cuci seprai dengan air panas bila memungkinkan, karena itu akan membantu membunuh tungau debu. Selain itu, jaga suhu kamar tidak terlalu dingin. Pastikan jendela kamu juga sudah tertutup dengan baik agar angin dingin tidak masuk. Menggunakan pelembab udara untuk menambah kelembapan udara di dalam kamar tidur juga bisa membantu mengatasi asma di malam hari.

3. Obati GERD

Bila kamu mengidap asma dan juga GERD, tanyakan pada dokter mengenai obat untuk mengurangi produksi asam lambung. Selain itu, kamu juga perlu menghindari makanan yang tinggi lemak jenuh, seperti daging berlemak, gorengan, susu murni, dan cokelat.

Minuman berkafein seperti kopi atau teh, makanan pedas, jus jeruk yang asam, dan minuman ringan juga bisa mengiritasi kerongkongan. Jadi, sebaiknya batasi atau hindari minuman tersebut sama sekali.

4. Terapkan pola hidup sehat

Obesitas merupakan salah satu faktor yang bisa berkontribusi pada kambuhnya asma di malam hari. Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan berat badan yang sehat dengan menjaga pola makan seimbang, berolahraga secara teratur, memperbanyak konsumsi serat, dan menghindari makanan berlemak dan berminyak.

Selain itu, cara mengatasi asma di malam hari lainnya yang tidak kalah penting adalah berhenti merokok. Bila kamu sedang stres, cobalah untuk mencari cara efektif untuk mengatasinya, seperti meditasi, rileks sambil mendengarkan musik, dan lain-lain. Bila perlu, kunjungi psikolog untuk berbicara dan mendapatkan perawatan.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer