28 C
Makassar
Senin, Februari 6, 2023
BerandaHukrimHuman Right Fest 2022, Warga Bersiasat Memperjuangkan Hak

Human Right Fest 2022, Warga Bersiasat Memperjuangkan Hak

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Tim kerja Human Right Fest 2022 menyelenggarakan diskusi warga yang bertema siasat dari bawah; Mendengar Cerita Warga Memperjuangkan Hak Asasi Manusia (Sabtu/10/12/2022) di halaman Rumata’ Art Space.

Hadir dalam diskusi ini perwakilan beberapa organisasi warga yang selama ini berjuang dalam pemenuhan dan penghormatan hak asasi manusia, seperti; Persatuan Warga Kassi-kassi (Perkasi), Serikat Juru Parkir Makassar (SJPM), Perempuan Nelayan Pesisir Tallo, Komunitas Ojol Makassar, Warga Bara-Baraya dan belasan mahasiswa.
Diskusi ini diselenggarakan dengan santai, para peserta diskusi duduk di atas kursi yang disusun berbentuk melingkar hingga setiap peserta saling berhadapan.

“Pertemuan dan diskusi seperti ini sangat penting, hal ini merupakan bagian dari membangun jaringan, komunikasi satu sama lain dan bisa konsolidasi”. Ungkap Mustari warga Kassi-Kassi, dilansir dari rilis tim kerja human right fest 2022.

Hal senada juga disampaikan oleh Petru dari Serikat Juru Parkir Makassar. Dia mengatakan bahwa setiap profesi selalu ada tantangannya, terutama karena kita sering berhadapan dengan pemerintah, makanya perlu ada persatuan diantara kita.

“Mari kita berjuang, jangan pernah berhenti, selama kita masih bekerja, pasti selalu ada tantangan” tegas Petrus.

Sementara, Ramlah, perempuan pesisir Tallo dalam diskusi ini mengeluhkan kehadiran Makassar New Port (MNP)

yang merugikan nelayan yang ada di pesisir Makassar. Sebagai nelayan, kesulitan mencari gude (kerang), sehingga berpengaruh terhadap ekomomi keluarganya.
Sebagai warga negara, ia terus berupaya bertanya kepada pemerintah setempat tentang kehadiran Makassar New Port (MNP), tetapi pemerintah tak pernah memberi jawaban. Ia juga kaget Ketika MNP sudah mulai dibangun tanpa ada sosialisasi.

Diskusi ini ditutup dengan kesepakatan seluruh peserta, bahwa persatuan warga menjadi hal yang harus diwujudkan. Kedepannya, tantangan perjuangan hak asasi manusia semakin berat, makanya persatuan warga harus diwujudkan.

spot_img
Artikulli paraprak
Artikulli tjetër

Headline

Populer