31 C
Makassar
Selasa, Februari 7, 2023
- Advertisement -

Berbagai Manfaat Kesehatan Kulit dari Minyak Alpukat

SULSELEKSPRES.COM – Minyak alpukat merupakan sumber antioksidan, asam lemak esensial, mineral, hingga vitamin yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu, produk ini juga dapat memberikan manfaat pada kulit dengan cara mengoleskannya secara langsung atau mencampurkannya pada produk kecantikan.

Berikut beberapa manfaat minyak alpukat pada kulit yang bisa dirasakan:

1. Melembapkan Kulit

Manfaat dari minyak alpukat yang pertama adalah mampu membuat kulit menjadi lebih lembap. Hal ini disebabkan kandungan vitamin E yang tinggi pada produk tersebut. Nah, vitamin ini dapat membantu dalam memperkuat fungsi penghalang lipid, sehingga dapat menimbulkan retensi kelembapan yang lebih baik.

Selain itu, vitamin E juga dapat berguna sebagai antioksidan. Artinya, ampuh dalam melawan radikal bebas, memperlambat siklus kerusakan pada kulit akibat sinar UV dari matahari, serta membuat kulit terjaga dari segi hidrasi.

2. Mengatasi Kulit Kering atau Pecah-Pecah

Minyak alpukat juga kaya akan potasium dan lesitin. Nah, kalium sangat penting dalam pertumbuhan sel kulit baru serta pembaruan sel kulit. Artinya, kelembutan dan kekenyalan kulit terjaga yang mampu mengatasi kekeringan dan pecah-pecah.

Selain itu, lesitin juga memiliki kemampuan dalam melembutkan dan melembapkan. Nutrisi ini dapat membantu dalam menyegel kelembapannya

dengan menghasilkan penghalang pada kulit, sehingga terlindungi dari berbagai penyebab masalah pada kulit.

3. Mengobati Masalah Kulit Tertentu

Psoriasis dan eksim adalah dua masalah kulit yang dapat menyebabkan kulit bersisik. Ternyata, masalah ini dapat diatasi dengan produk perawatan kulit yang tepat, salah satunya minyak alpukat.

Kandungan anti-inflamasi pada minyak ini dapat memberikan efek penyembuhan terhadap iritasi kulit. Selain itu, kandungan lesitinnya juga dapat mengatasi kulit kering, sehingga dua kondisi kulit tersebut bisa teratasi dengan baik.

4. Mengatasi Jerawat

Minyak alpukat ini ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat saat digunakan sebagai masker. Kandungan antiinflamasinya dapat mengatasi iritasi dan mengurangi kemerahan. Saat digunakan sebagai masker, minyak ini tidak menyumbat pori-port atau menimbulkan penumpukan minyak.
5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat minyak alpukat lainnya adalah mampu mempercepat penyembuhan luka. Berkat kandungan asam oleat, peningkatan produksi kolagen mampu membentuk jaringan ikat yang dapat menyembuhkan kulit setelah cedera.

Selain itu, sifat antiinflamasinya juga dapat membuat penyembuhan lebih cepat. Minyak alpukat juga dapat membantu dalam menjaga kelembapan kulit, artinya dapat menutrisi pelindung kulit.

Nah, itulah berbagai manfaat minyak alpukat yang bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan kulit. Jika kamu ingin mendapatkan salah satu atau lebih dari manfaat yang disebutkan, tidak ada salahnya untuk menggunakan produk ini secara rutin. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kulit yang sehat dan menghindari berbagai masalahnya.

Sumber: halodoc.com

 

spot_img

Headline

Populer