24 C
Makassar
Senin, Mei 10, 2021
BerandaEdukasiIGI: Pemerintah Marah Jika Pendidikan Disebut Gagal

IGI: Pemerintah Marah Jika Pendidikan Disebut Gagal

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah bakal marah kalau dibilang gagal di bidang pendidikan. Namun data dari Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementrian Pendidikan dan Budaya (Kemdikbud) justru menyatakan kenyataan yang sebenarnya.

Demikian kata Muhammad Ramli Rahim, Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Pusat, Rabu (14/11/2018).

BACA: Perdana, 180 Lulusan STKIP Mega Rezky Makassar Ikuti Wisuda

Dilansir dari laman resmi [Puspendik](https://puspendik.kemdikbud.go.id/inap-sd/kategori), Hasil Indonesian National Assesment Programme (INAP) menunjukkan; kompetensi siswa dalam sejumlah mata pelajaran dinyatakan kurang.

Untuk kompetensi matematika, hanya mencapai 77,13 persen, sains 73,61 persen, dan 46,83 persen untuk kompetensi membaca. Ketiga statistik tersebut masih berada dalam status merah atau rendah.

BACA: IGI Gelar Traumatic Healing Bagi Korban Gempa Sulteng

“Lalu mengapa pemerintah tetap menempuh cara yang sama terus menerus untuk meningkatkan kompetensi siswa,” tanggap Muhammad Ramli atas persentase itu.

Menurutnya, hal ini dipengaruhi atas penerapan pola, metode, dan sistem pelatihan guru selama ini yang dianggapnya salah. Atau, Ramli mengasumsikan standarisasi yang ditetapkan pemerintah justru salah.

“Tetapi masih juga ngotot bahwa yang lain itu tidak sesuai standar. Jangan-jangan malah standarnya yang salah?” imbuhnya.

Hal ini, pernah Ia bicarakan saat pihaknya bertemu dengan Unit Pelayan Terpadu (UPT) Kemdikbud. Saat itu, IGI dikritisi mengenai standar pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan dianggap menyalahi.

Tetapi buat dirinya, biarlah tak memenuhi standar pemerintah, asalkan ruang-ruang kelas berubah menjadi baik dan prestasi siswa diharap lebih meningkat.

“Toh kami tak berharap bantuan APBD dan APBN,” ringkasnya.

Penulis: Agus Mawan

Situs resmi: https://puspendik.kemdikbud.go.id/inap-sd/kategori

spot_img
- Advertisment -

Headline