29 C
Makassar
Selasa, Juli 5, 2022
BerandaHealthIni 5 Manfaat Anggur Hijau untuk Tubuh

Ini 5 Manfaat Anggur Hijau untuk Tubuh

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Anggur hijau menjadi salah satu buah sehat yang baik dikonsumsi. Selain rendah kalori dan mengandung nol gram lemak, buah ini memiliki banyak nutrisi baik di dalamnya, seperti air, protein, serat, vitamin C, dan lain-lain.

Jika rutin dikonsumsi, berikut ini sejumlah manfaat buah anggur hijau bagi kesehatan tubuh:

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat anggur yang pertama adalah menurunkan tekanan darah, karena kandungan kalium dan serat di dalamnya. Mengonsumsi kalium membuat natrium dalam darah laut dan dibuang keluar tubuh bersamaan dengan urine.

Natrium sendiri merupakan zat yang dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Sedangkan serat  mampu menurunkan tekanan darah sistolik hingga 4,48 mmHg dan tekanan diastolik sebesar 2,96 mmHg.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Otot

 

Menjaga Kesehatan tulang menjadi manfaat buah anggur selanjutnya. Manfaat yang satu ini terjadi berkat kandungan vitamin K, kalsium, fosfor, dan magnesium dalam buah anggur.

Kalsium dan fosfor adalah kandungan yang mampu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Sedangkan magnesium adalah kandungan yang mampu meningkatkan kepadatan tulang dan menurunkan risiko patah tulang.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat buah anggur hijau selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan mata karena kandungan vitamin A dan beta-karoten di dalamnya. Beta-karoten adalah provitamin A yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

Manfaat vitamin A adalah menjaga fungsi kornea mata agar fokus pada pandangan. Selain itu, vitamin A juga bermanfaat untuk melindungi selaput mata agar tetap lembap.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat buah anggur selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan kulit, karena kandungan resveratrol, vitamin C, dan vitamin E di dalamnya. Resveratrol adalah antioksidan yang dapat mengurangi tanda penuaan dini, seperti garis halus dan kerutan.

Antioksidan tersebut juga dapat memperbaiki warna kulit akibat paparan radikal bebas. Vitamin C di dalamnya bertugas untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV.

  1. Menjaga Berat Badan Ideal

Resveratrol bukan hanya melindungi kulit saja, tetapi juga mampu mengurangi berat badan dan lemak tubuh secara drastis. Antioksidan tersebut bekerja dengan mendongkrak kandungan baik buah anggur, sehingga risiko obesitas pun menurun.

Sumber: halodoc.com

spot_img
spot_img

Headline