24 C
Makassar
Rabu, Februari 8, 2023
BerandaHealthIni 7 Manfaat Cabai Rawit bagi Kesehatan Tubuh

Ini 7 Manfaat Cabai Rawit bagi Kesehatan Tubuh

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Jika kamu pencinta makanan pedas, tentu tidak asing dengan cabai rawit. Kabar baiknya, cabai rawit memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Misalnya saja mengatasi masalah pencernaan, meningkatkan metabolisme tubuh, dan untuk mengatasi rasa sakit.

Manfaat cabai rawit berasal dari kandungan vitamin dan capsaicin di dalamnya. Nah, mau tahu lebih jauh mengenai manfaat cabe rawit?

Manfaat Cabai Rawit untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat cabai rawit untuk kesehatan tubuh, yang jarang diketahui:

1. Meredakan sakit

Sama seperti jenis cabai lainnya, cabai rawit mengandung senyawa capsaicin yang memberikan sensasi pedas. Jika diaplikasikan secara topikal pada area tubuh yang sakit, capsaicin dalam cabai rawit dapat membantu meredakan rasa sakit. Capsaicin bekerja dengan mengurangi jumlah neuropeptida yang berjalan ke otak untuk memberi sinyal rasa sakit. Dengan begitu, perasaan nyeri atau sakit dapat berkurang.

2. Mengobati psoriasis

Psoriasis merupakan kondisi kulit yang menyebabkan gatal, bersisik, dan ruam. Hingga saat ini kondisi autoimun ini belum ada obatnya. Namun, capsaicin dari cabai rawit dapat membantu mengurangi gatal dan memperbaiki tampilan kulit akibat psoriasis.

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat cabai rawit berikutnya yaitu meningkatkan metabolisme tubuh. Saat dikonsumsi, senyawa capsaicin dalam cabai rawit dapat meningkatkan jumlah panas yang dihasilkan tubuh, sehingga dapat sedikit meningkatkan metabolisme dan menyebabkan tubuh membakar lebih banyak kalori. Hal ini juga efektif dalam mengurangi rasa lapar, sehingga kamu makan lebih sedikit sepanjang hari.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Saat mengonsumsi cabai rawit, capsaicin dapat merangsang saraf di perut yang mengirimkan sinyal untuk melindungi kesehatan pencernaan. Cabai rawit juga dapat meningkatkan produksi cairan pencernaan, membawa

enzim ke perut untuk membantu sistem pencernaan, dan melindungi perut dari infeksi.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

Hal yang jarang diketahui yaitu cabai rawit ternyata tinggi potasium dan rendah sodium. Artinya, dengan mengonsumsi cabai rawit dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu, cabai rawit merupakan sumber vitamin C dan beta karoten yang sangat baik. Seperti yang diketahui, keduanya memiliki sifat antioksidan dan penting untuk tingkat tekanan darah. Sementara itu, capsaicin juga berperan pada saraf sensorik yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Mengurangi risiko kanker.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa capsaicin pada cabai rawit dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Bahkan, mungkin dapat membunuh sel kanker untuk jenis kanker tertentu, seperti prostat, kanker kulit, dan kanker pankreas. Namun, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat cabai rawit terhadap kanker.

7. Mempertahankan berat badan sehat

Manfaat cabai rawit berikutnya yaitu mempertahankan berat badan yang sehat. Lagi-lagi karena kandungan senyawa capsaicin di dalamnya berkontribusi dalam membantu menurunkan berat badan.

Mengonsumsi makanan pedas dapat meningkatkan metabolisme, membakar kalori, dan membuat perut lebih kenyang setelah makan. Mengonsumsi makanan pedas cenderung membuat kamu lebih puas, sehingga menahan keinginan untuk makan lebih banyak atau makan camilan yang tidak sehat. Dengan kata lain, nafsu makan dapat ditahan dan berefek pada penurunan berat badan.

Itulah beberapa manfaat cabai rawit untuk kesehatan yang jarang diketahui. Meskipun memiliki manfaat untuk kesehatan, pastikan kamu tetap bijak dalam mengonsumsinya dan jangan sampai berlebihan.

Perlu diketahui juga, penelitian tentang manfaat cabai rawit saat ini masih terbatas, sehingga diperlukan penelitiannya

lebih lanjut untuk menilai bagaimana manfaat kesehatan dari mengonsumsi cabai rawit.

Jika tubuhmu menunjukkan efek yang bertolak belakang dari manfaat, sebaiknya segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer