27 C
Makassar
Minggu, Mei 22, 2022
BerandaFoodIni Buah Baik Buat Pengidap Jantung

Ini Buah Baik Buat Pengidap Jantung

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Menurut sebuah data riset, sekitar 2,7 juta orang Indonesia mengidap penyakit jantung. Sayangnya pemicu penyakit jantung kerap kali disepelekan, yaitu pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Seperti kebiasaan merokok, konsumsi alkohol berlebihan, konsumsi makanan tinggi lemak, hingga jarang berolahraga.

Nah, kebiasaan-kebiasaan tersebut dapat menyebabkan kondisi yang bisa memicu penyakit jantung, seperti hipertensi hingga kolesterol tinggi.

Itulah pentingnya bagi setiap orang segera mulai menjalani pola hidup dan makan yang lebih sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan yang baik untuk pengidap penyakit jantung.

Menurut dr. M. Alfi Auliya R dalam channel Youtube Halodoc, ada beberapa buah-buahan yang mengandung nutrisi baik untuk kesehatan jantung, di antaranya:

Alpukat

Buah alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung. Buah ini mampu menurunkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung. Alpukat juga kaya akan potasium, nutrisi yang penting untuk kesehatan jantung. Dalam satu buah alpukat terkandung 975 miligram potasium, atau sekitar 28 persen dari jumlah yang dibutuhkan tubuh dalam sehari.

BACA JUGA :  Ini Bahaya Langsung Berdiri Saat Bangun Tidur

Mengkudu

Buah ini mengandung xeronin, vitamin, dan mineral penting yang mampu memperbaiki fungsi tubuh. Menariknya lagi, mengkudu juga kaya antioksidan yang dapat memperlebar saluran pembuluh darah yang menyempit. Dengan kata lain, jantung pun tak mesti bekerja ekstra untuk memompa darah.

Anggur

Buah ini mengandung antioksidan bernama polifenol dan resveratrol. Keduanya bertindak sebagai antioksidan dan bisa mencegah penyumbatan pembuluh darah.

Tomat

Buah tomat sarat dengan likopen, pigmen tumbuhan alami dengan sifat antioksidan kuat. Likopen merupakan zat antioksidan untuk membantu menetralkan radikal bebas berbahaya, mencegah kerusakan oksidatif dan peradangan. Tingkat likopen dalam darah yang rendah berkaitan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

BACA JUGA :  Manfaat Olahraga untuk Jantung Sehat

Beri

Stroberi, bluberi, blackberry, dan raspberry kaya akan nutrisi penting yang berperan penting dalam kesehatan jantung. Buah beri juga kaya akan antioksidan seperti anthocyanin, yang melindungi tubuh dari stres oksidatif dan peradangan yang berkontribusi pada perkembangan penyakit jantung.

Manggis

Menurut beberapa penelitian, kulit manggis (bukan dagingnya) memiliki manfaat yang baik bagi jantung. Kulit manggis yang telah diekstrak mengandung zat xanthones. Zat ini mengandung antioksidan super yang bisa membantu untuk mengobati penyakit jantung. Xanthones diduga mampu mengurangi penumpukan lemak dan melebarkan pembuluh darah.

Pisang

Pisang dikenal akan kandungan vitamin B6 dan C. Saat mengonsumsinya tubuh juga akan mendapatkan serat, kalium, dan magnesium. Ketiganya merupakan nutrisi utama yang membantu menjaga tekanan darah.

Jeruk, Melon dan Pepaya

Ketiga buah ini banyak mengandung beta-karoten, kalium, magnesium, dan serat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jantung.

“Jadi, jika kamu berisiko terkena penyakit jantung, mulai sekarang kamu bisa lebih rutin konsumsi buah yang tadi disebutkan,” kata dr. M. Alfi Auliya R.

Kontrol Juga Porsi Makan

Berapa banyak porsi makanan yang kamu makan sama pentingnya dengan apa yang kamu makan. Jika porsi piring terlalu penuh, bahkan makan sampai merasa kenyang dapat menyebabkan tubuh terisi kalori berlebihan.

Untuk mengontrol porsi makan, berikut beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan:

• Gunakan piring atau mangkuk kecil untuk membantu mengontrol porsi makan.
• Makan lebih banyak makanan rendah kalori dan kaya nutrisi, seperti buah-buahan dan sayuran.
• Kurangi makanan tinggi kalori dan sodium, seperti makanan olahan atau cepat saji.

Itulah yang perlu diketahui mengenai buah-buahan dan pola makan yang baik untuk pengidap penyakit jantung.

spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3