28 C
Makassar
Senin, Februari 6, 2023
BerandaFoodBeragam Manfaat Ikan Cakalang

Beragam Manfaat Ikan Cakalang

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Ikan cakalang merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ikan ini biasanya diolah dengan cara digoreng, dikukus, atau dipanggang. Saat diolah, ikan cakalang juga sering ditambah bahan dan rempah lain sebagai pelengkap sehingga rasanya menjadi lebih lezat.

Karena nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat beragam, ikan cakalang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat ikan cakalang:

1. Meningkatkan massa otot

Bila ingin meningkatkan massa otot, Anda dapat memasukkan ikan cakalang ke dalam menu makan sehari-hari. Ini karena ikan cakalang termasuk dalam makanan tinggi protein, sehingga dapat meningkatkan kekuatan dan massa otot.

Selain mengonsumsi ikan cakalang yang kaya protein, Anda juga perlu mengimbanginya dengan latihan kekuatan atau olahraga angkat beban untuk meningkatkan massa otot.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Protein juga diketahui berperan penting dalam meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini membuat Anda perlu mengonsumsi makanan tinggi protein, seperti ikan cakalang, agar kebutuhan protein harian tercukupi dengan baik.

BACA JUGA :  Puluhan Warga di Takalar Keracunan Makanan, 1 Orang Meninggal

Protein dapat meningkatkan imunitas tubuh karena nutrisi ini dibutuhkan untuk memproduksi antibodi yang mampu melawan infeksi dan penyakit. Selain itu, nutrisi satu ini juga dibutuhkan untuk memproduksi sel yang sehat.

3. Menjaga kesehatan mata

Konsumsi ikan cakalang diketahui bisa meningkatkan atau menjaga kesehatan mata. Manfaat ini bisa diperoleh berkat kandungan vitamin A di dalamnya. Tidak hanya itu, vitamin A juga menjadi komponen rhodopsin, yaitu protein yang dibutuhkan mata agar tetap bisa melihat di situasi yang kurang pencahayaan.

Jadi, cukupi asupannya dengan mengonsumsi makanan tinggi vitamin A, misalnya ikan cakalang, agar kesehatan mata terjaga dan terhindar dari penyakit mata, seperti rabun senja atau degenerasi makula, di kemudian hari.

4. Mencegah anemia

Untuk mencegah anemia, Anda harus memperoleh asupan zat besi yang cukup. Ini karena zat besi sangat dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah yang sehat. Guna mencukupi kebutuhan zat besi harian, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan mengandung zat besi, salah satunya ikan cakalang.

Selain zat besi, ikan cakalang juga mengandung vitamin B12. Nutrisi ini juga diperlukan untuk memproduksi sel darah merah, sehingga dapat menurunkan risiko terkena anemia.

5. Mencegah osteoporosis

Konsumsi ikan cakalang dapat mengurangi risiko terkena osteoporosis. Manfaat ini dapat diperoleh karena ikan cakalang mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan untuk mendukung tulang sehat, seperti kalsium, kalium, dan fosfor.

BACA JUGA :  Makanan untuk Turunkan Kadar Gula Darah

Kalsium dan fosfor dibutuhkan tubuh untuk membangun dan menjaga tulang tetap kuat. Sementara itu, kalium dapat mencegah osteoporosis, karena mineral satu ini dapat meminimalkan terbuangnya kalsium melalui urine.

6. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung

Di dalam ikan cakalang terdapat DHA yang diketahui bersifat antiradang, sehingga diyakini bisa menurunkan risiko terkena penyakit kronis, seperti penyakit jantung.

Selain DHA, kandungan kalium dalam ikan cakalang diketahui juga baik untuk kesehatan jantung. Pasalnya, mineral ini dapat mengontrol tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga mampu meningkatkan kesehatan jantung.

7. Mengurangi atan meredakan gejala nyeri sendi

DHA yang terkandung dalam ikan cakalang juga bersifat antiradang. Hal ini membuat konsumsinya dapat mengurangi atau meredakan gejala nyeri sendi, misalnya akibat osteoarthritis.

Selain mengonsumsi ikan cakalang, nyeri sendi juga dapat diredakan dengan menempelkan kompres panas atau dingin ke area yang mengalami nyeri. Bila rasa nyeri yang muncul tidak juga membaik, Anda bisa mengonsumsi paracetamol atau ibuprofen sesuai dosis yang tertera pada kemasan.

Itulah manfaat ikan cakalang yang perlu Anda ketahui. Untuk memaksimalkan manfaat ikan ini, perhatikan pula cara mengolahnya. Anda lebih dianjurkan untuk mengolah ikan ini dengan cara dikukus atau dipanggang daripada digoreng.

BACA JUGA :  BKIPM Makassar Distribusikan 600 Paket Ikan Beku di Bone

Memasak ikan cakalang dengan cara digoreng kurang direkomendasikan karena bisa meningkatkan kandungan kalori dan lemak jahat di dalamnya. Jika sesekali ingin memasaknya dengan cara digoreng, sebaiknya Anda menggoreng ikan ini menggunakan minyak sehat, seperti minyak zaitun atau minyak canola.

Selain itu, pastikan untuk tidak menambah terlalu banyak garam selama memasak ikan cakalang. Ini karena konsumsi garam yang tinggi atau terlalu sering dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti penyakit tekanan darah tinggi.

Konsumsi ikan yang disarankan adalah 2–3 kali dalam seminggu. Guna memenuhi kebutuhan ini, Anda dapat mengombinasikan konsumsi ikan cakalang dengan ikan rendah merkuri lainnya, seperti ikan salmon dan tuna.

spot_img

Headline

Populer