26 C
Makassar
Sabtu, Desember 4, 2021
BerandaEdukasiIni Sederet Alasan Mengapa Kalian Harus Berkuliah di Unimerz

Ini Sederet Alasan Mengapa Kalian Harus Berkuliah di Unimerz

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM -Universitas Megarezky (Unimerz) Makassar secara resmi telah membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 lebih awal dari biasanya.

Jika tahun-tahun sebelumnya pendaftaran di buka pada bulan Januari, khusus untuk tahun akademik 2021/2020, pendaftaran sendiri dimulai sejak hari ini, Selasa (29/12/2020).

Menurut keterangan ketua panitia penerimaan Mahasiswa Baru Unimerz Makassar, Dr.H.Syamsunie Carsel HR.M.Pd, ada sejumlah alasan mengapa Unimerz membuka pendaftaran lebih awal.

Tetapi hal yang paling pokok adalah memberikan kesempatan kedua untuk calon mahasiswa Unimerz yang belum sempat terakomodir pada tahun ajaran sebelumnya.

“Alasan pokoknya, kita memberi kesempatan untuk calon mahasiswa baru tahun lalu yang belum terakomodir. Mungkin karena pandemi juga, jadi kita maklumi,” jelas Carsel kepada Sulselekspres.com, Selasa (29/12/2020) siang.

Lebih lanjut Carsel mengatakan, ada sederet alasan mengapa calon mahasiswa baru harus memilih Unimerz sebagai tempat mereka menimba ilmu. Hal itu tentu tidak lepas dari sederet prestasi yang telah mereka raih.

“Kita ini Universitas pendatang baru, tapi kita punya segudang prestasi. Kita baru saja dapat tiga penghargaan dari LLDIKTI Wilayah IX. Itu menjadi salah satu alasan logis bagi calon maba untuk bergabubg dengan Unimerz,” jelasnya.

Diketahui, baru-baru ini Unimerz dianugerahi tiga kategori penghargaan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX yang meliputi wilayah Sulawesi.

Tiga penghargaan tersebut adalah :
1. Perguruan Tinggi Swasta Dengan Kinerja Pelaporan PD-DIKTI Terbaik Kategori Universitas tahun 2020.
2. Perguruan Tinggi Swasta dengan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Terbaik Tahun 2020.
3. Perguruan Tinggi Swasta Penerima Dana Hibah Penelitian Terbesar Klaster Madya.

Selain itu, Unimerz juga merupakan kampus yang mengalami peningkatan kinerja secara pesat, khususnya dalam ranking Universitas, dari yang sebelumnya berkutan di angka ribuan, sekarang sudah hampir masuk 300 besar di Indonesia.

BACA JUGA :  Unimerz Bahas Peran Penting TLM Dalam Penanganan Covid-19

Di usia yang baru menginjak dua tahun, capaian Unimerz ini terbilang sangat luar biasa. Hal ini juga dibuktikan dengan peningkatan akreditasi di masing-masing jurusan.

“Kita boleh saja berstatus sebagai pendatang baru. Tapi soal kualitas, jangan dinomorduakan. Kita mampu buktikan diri lewat sejumlah capaian. Karena memang kita selalu mengedepankan kualitas,” tegas Carsel.

Tidak berhenti di situ, Unimerz juga masih memiliki prestasi yang sangat menonjol, yairu dengan hadirnya program studi langka bahkan belum ada di Indonesia sebelumnya.

Prodi Teknik Kardio Vaskuler, menjadi salah satunya. Bahkan Stikes Kementerian Kesehatan Yogyakarta sempat berkunjung untuk belajar bagaimana cara membuka prodi tersebut. Sebab, di Indonesia baru ada dua, dan salah satunya di Unimerz.

Berikut daftar program studi langka yang ada di Unimerz :

1. S1 Bioinformatika (hanya 1 di Indonesia)
2. S1 Biomedis (hanya 2 di Indonesia)
3. DIII Kardiovaskuler (hanya 2 di Indonesia)
4. S1 Kebidanan (hanya 1 di Sulsel)
5. S1 Gizi (hanya 1 di LLDIKTI wil IX)
6. DiII Teknik Gigi (Hanya 1 di LLDIKTI wil IX).

Untuk calon pendaftar tidak perlu khawatir mengalami kesulitan. Sebab Unimerz memberikan beberpa tahapan yang digunakan pada kesempatan kali ini, yakni :

1. Tahap Pendaftaran
Pendaftaran dilakukan lebih awal dengan metode online dan offline.

2. Tahap Sosialisasi
Sosialisasi akan dilaksanakan dengan cara online dan offline. Untuk secara online dilaksanakan dengan cara pembuatan video, kemudian diviralkan melalui sosial media.

Selain itu, metode sosialisasi ini juga diupayakan masuk ke grup-grup siswa SMA di seluruh pelosok negeri, kemudian melalui pemberitaan media massa.

Sementara sosialisasi secara offline dilakukan dengan membentuk tim untuk mendistribusikan dan memasng baliho, spanduk, brosur, serta umbul-umbul.

BACA JUGA :  VIDEO: Usai Libur 3 Hari, PSM Kembali Gelar Latihan Rutin di Mattoanging

3. Tahap Tes
Tahap tes ini akan dilaksanakan melalui dua metode juga, yaitu online dan offline. Tes tulis dan tes wawancara akan dilaksanakan secara virtual. Sementara tes kesehatan akan dilaksanakan secara offline yang bakal dilaksanakan di dalam kampus.

4. Tahap Pengumuman
Tahap pengumuman juga dilaksanakan secara offline dan online.

Pendaftaran mahasiswa baru Unimerz ini bakal berlangsung sampai bulan Agustus 2021 mendatang. Sementara kuliah perdana bakal dilakukan pada bulan September 2021.

Untuk target kuota pendaftar, Unimerz mematok jumlah 1.500 mahasiswa baru. Jumlah itu menjadi jumlah keseluruhan, yang nantinya bakal tersebar ke berbagai jurusan dan program studi.

“Target kami tahun ini, jika berdasarkan dengan rasio dosen, maka kami akan menerima mahasiswa baru sebanyak 1500 mahasiswa,” tutup Carsel.

Atas dasar prestasi dan kualitas di atas, maka sudah seharusnya tidak ada lagi keraguan untuk memilih Unimerz sebagai tempat berkuliah. Sebab, Unimerz bisa dikatakan sebagai salah satu kampus recomended bagi calon mahasiswa baru.

BACA JUGA
PenulisWidyawan
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.526,0
EUR
16.433,9
JPY
128,8
KRW
12,3
MYR
3.433,2
SGD
10.583,3