24 C
Makassar
Jumat, April 23, 2021
BerandaPolitikIntegritas Danny Dipertanyakan, Jayadi Nas: Mungkin Kurang Membaca Undang-undang

Integritas Danny Dipertanyakan, Jayadi Nas: Mungkin Kurang Membaca Undang-undang

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Integritas Moh Ramdhan Pomanto (Danny) sebagai mantan Walikota Makassar dipertanyakan oleh sejumlah pakar. Danny dinilai kurang menunjukkan bukti integritas yang baik selama menjadi pejabat publik.

Isu ini mencuat dalam diskusi bertema Bedah Integritas Calon Walikota Makassar 2020 yang digelar Komunitas Wartawan Politik Sulsel di Warkop Aleta, Toddopuli, Minggu (22/12/2019).

Dr Jayadi Nas, pakar politik pemerintahan dari Universitas Hasanuddin berpendapat, integritas kepemimpinan Danny di periode pertama perlu dievaluasi.

“Misalnya program kanal wisata, selain gagal, program pembangunan kanal itu juga bukan ranah pemkot, tapi kewenangan pemprov. Mungkin dia kurang membaca undang-undang, sehingga salah dalam menjanjikan sesuatu yang bukan kebijakannya,” ungkap Jayadi.

Disisi lain, Pakar Ilmu Pemerintahan dan Perencanaan Pembangunan yang juga berasal dari Universitas Hasanuddin, Dr Andi Lukman Irwan mengimbau partai politik untuk mempertimbangkan rekam jejak calon dari sisi integritas dalam menentukan usungan di pilkada.

Menurutnya, menentukan calon usungan hanya karena faktor “isi tas” (kemampuan finansial) hanya akan menghasilkan calon pemimpin yang tidak amanah.

“Kalau mau mengukur integritas, lihat bagaimaana orang-orang yang sudah diberi amanah, punya kekuasaan, dan ketika selesai itu ihdinasshiratal mustaqim (petunjuk jalan yang lurus). Kalau dalam menjalankan kekuasaan, dia tidak bisa menjaga integritasnya, maka ini yang harus benar-benar diperhatikan oleh publik,” tegas Lukman.

- Advertisment -

Headline