26 C
Makassar
Minggu, November 27, 2022
BerandaEkbisReuni di TPPI Tuban, Ahok Ungkap Pesan Khusus Jokowi

Reuni di TPPI Tuban, Ahok Ungkap Pesan Khusus Jokowi

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur untuk mengecek langsung kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/12/2019). Di sanalah Jokowi kembali bertemu Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok, mantan wakilnya saat menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Jokowi berpesan agar kilang segera rampung. Bukan cuma kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, termasuk pula Ahok yang kini menjadi Komisaris Utama Pertamina.

“Ya ini kilang TPPI Trans Pacific Petrochemical Indotama. Ini adalah merupakan salah satu kilang yang terbesar di negara kita, yang dapat menghasilkan produk aromatik, baik para-xylene, ortho-xylene, bensin, toluene, heavy aromatic, dan juga penghasil BBM, premium, pertamax, elpiji, solar, kerosene, ini bisa untuk semuanya,” terang Jokowi dikutip dari CNBC Indonesia, Minggu (22/12/2019).

Sementara itu, Ahok mengabadikan pertemuan di akun Instagram-nya @basukibtp. Bahkan ia menuturkan bahwa ada pesan khusus yang disampaikan Jokowi kepada dirinya.

“Pesan Bapak Presiden Jokowi sangat jelas, segera menuntaskan pengembangan Kawasan TPPI menjadi industri petrokimia nasional yang nanti akan menghasilkan beragam produk turunan petrokimia dan produk Bahan Bakar Minyak (BBM). Pengembangan ini dapat membantu mengurangi impor bahan baku agar negara tidak mengalami defisit kembali,” tulis Ahok.

BACA: Tak Percaya Ahok Dipenjara, Novel Tuntut Polisi Buka Rekaman

BACA: Dewas KPK, Artidjo Alkostar Mantan Hakim MA yang Tolak PK Ahok

“Selain itu, saya menghimbau untuk semua pihak agar tidak menyalahgunakan subsidi bahan bakar yang diberikan. Mari bantu kami untuk menjaga uang negara demi kesejahteraan negara.”

Sebagai informasi, kilang TPPI sudah dibangun sejak lebih dari 2 dekade lalu. Sayangnya banyak masalah yang membuat pembangunan kilang ini tak kunjung rampung.

BACA JUGA :  Isu Digantikan Ahok Jika Terpilih, Ma'ruf Amin: Ahok Susah Pernah Dipenjara

Setelah TPPI diakuisisi, PT Pertamina (Persero) akan membangun TPPI menjadi pabrik petrokimia terpadu. Apabila telah berproduksi secara penuh, TPPI memiliki potensi yang bisa menghemat devisa hingga 4,9 miliar USD atau sekitar Rp56 triliun.

spot_img

Headline

Populer