30 C
Makassar
Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaRagamJenis Makanan Ini Dapat Cegah Kanker Usus

Jenis Makanan Ini Dapat Cegah Kanker Usus

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Globocan pada 2012 silam, dihasilkan fakta bahwa kanker usus bertanggung jawab pada 9,5 persen kematian dari total kasus kanker yang ada di Indonesia. Satu dari dua puluh orang di Indonesia juga rentan terkena penyakit ini akibat faktor gaya hidup yang cenderung tidak sehat.

Meski sering dianggap sebagai penyakit yang menyerang lansia, dalam realitanya, 30 persen kasus kanker usus di Indonesia diidap oleh mereka yang berusia kurang dari 40 tahun. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk menerapkan gaya hidup sehat demi mencegah datangnya masalah kesehatan ini.

Salah satu perubahan gaya hidup yang bisa kita jalani demi membantu mencegah datangnya kanker usus adalah mengonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan risiko kanker ini.

Berikut adalah berbagai makanan pencegah kanker usus dilansir dari laman DokterSehat:

1. Susu dan Produk Turunannya

Susu tak hanya baik bagi kesehatan tulang, rutin minum susu dan berbagai jenis produk turunannya seperti yoghurt ternyata juga bisa menurunkan risiko kanker usus dengan signifikan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan kalsium tinggi di dalamnya.

Sebagai informasi, kanker usus biasanya berawal dari sel-sel kanker yang tidak ganas. Sayangnya, sel-sel ini membentuk polip yang akhirnya bisa menyebabkan datangnya kanker usus. Dengan rutin mengonsumsi susu yang tinggi kalsium, perkembangan sel-sel tidak normal ini bisa dilawan.

2. Sayur dan Buah-Buahan

Sudah menjadi rahasia umum jika sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang paling baik bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini disebabkan oleh kandungan fitokimia yang bisa menghambat perkembangan kanker dan melawan peradangan yang muncul di dalam tubuh.

BACA: Cegah Kanker Usus Dengan Gosok Gigi Setiap Hari

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa diet tinggi sayur dan buah-buahan bisa menurunkan risiko kanker usus dengan signifikan. Sayuran dan buah yang direkomendasikan adalah yang masih segar, bukannya yang kalengan atau jus kemasan.

BACA JUGA :  HUT ke-3 Sulselekspres, TSM : Semoga Konsisten Sajikan Berita Cerdas Berkualitas

Beberapa jenis sayur dan buah yang paling direkomendasikan untuk mencegah datangnya kanker ini adalah brokoli, bayam, asparagus, dan jeruk.

3. Ikan

Selain bikin cerdas, ternyata ikan bisa dijadikan makanan pencegah kanker usus.

Ikan dikenal jauh lebih sehat dibandingkan dengan daging merah (daging sapi). Hal ini karena adanya kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi di dalamnya. Kandungan inilah yang bisa mencegah datangnya kanker usus.

Namun, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menghindari ikan laut yang tinggi kandungan merkuri, seperti ikan hiu, tilefish, swordfish (todak), dan lain-lain.

4. Makanan Sumber Asam Folat

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan Harvard University, dihasilkan fakta bahwa rutin mengonsumsi makanan tinggi folat bisa menurunkan risiko terkena kanker usus hingga 52 persen. Hal ini diperoleh setelah mengecek gaya hidup sekitar 89 partisipan berjenis kelamin wanita.

Makanan pencegah kanker usus yang mengandung folat adalah jeruk dan sayur berdaun hijau, terutama bayam dan buncis. Jika kita mengonsumsi satu cangkir sayur bayam atau buncis, maka kita sudah mengonsumsi 100 sampai 150 mikrogram asam folat. Jika mengonsumsi satu buah jeruk, kita sudah mengonsumsi 50 mikrogram asam folat. Makanan lain yang bisa menyediakan nutrisi ini adalah kacang-kacangan.

5. Polong-polongan

Kacang dari keluarga polong-polongan seperti kacang kapri polong, kacang merah, edamame, dan kacang polong lainnya, mengandung banyak flavonoid yang dapat mencegah tumor tumbuh, serta antioksidan tertentu yang dapat membantu melindungi Anda dari kanker usus besar. Cobalah mengganti salah satu lauk Anda yang dengan kacang hitam, atau membuat sup kacang.

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.139,5
EUR
16.445,6
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.400,6
SGD
10.508,0