26 C
Makassar
Minggu, Juli 3, 2022
BerandaHealthJenis Olahraga yang Aman Dilakukan oleh Ibu Baru

Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan oleh Ibu Baru

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Olahraga seperti apa yang aman untuk dilakukan ibu baru?. Hal ini tentu banyak ibu baru pascamelahirkan bertanya-tanya.

Olahraga setelah melahirkan adalah salah satu kegiatan yang baik untuk dilakukan ibu baru. Jika ibu melewati kehamilan dan persalinan vaginal tanpa komplikasi, biasanya aman untuk memulai berolahraga beberapa hari setelah melahirkan atau setelah ibu merasa siap.

Dilansir dari Halodoc,jika ibu menjalani operasi caesar, sebaiknya tanyakan terlebih dulu pada dokter kapan waktu yang baik untuk berolahraga.
Saat memulai olahraga, pilihlah jenis olahraga dengan intensitas rendah dan sederhana, seperti jalan kaki setiap hari. Ibu juga bisa mencari kelas olahraga khusus pascapersalinan.

Jika sudah mendapatkan persetujuan dokter, pertimbangkan untuk melakukan olahraga berikut ini:

1. Pelvic Tilt

Cobalah memiringkan panggul beberapa kali sehari untuk memperkuat otot perut. Berbaringlah terlentang di lantai dengan lutut ditekuk. Luruskan punggung ke lantai dengan mengencangkan otot perut dan sedikit menekuk panggul. Tahan hingga 10 detik, ulangi lima kali dan lakukan sebanyak 10 hingga 20 pengulangan.

2. Senam Kegel

Olahraga ini bermanfaat untuk mengencangkan otot dasar panggul, yang menopang rahim, kandung kemih, usus kecil, dan rektum. Jika dilakukan secara teratur, senam kegel bisa membantu mengurangi inkontinensia urine.

Kontraksikan otot-otot dasar panggul, seolah-olah ibu sedang mencoba untuk berhenti buang air kecil di tengah jalan. Tahan hingga 10 detik dan lepaskan, rileks selama 10 detik di antara kontraksi. Lakukan latihan ini setidaknya 3 set 10 pengulangan sehari. Namun hindari senam kegel saat buang air kecil.

3. Baby Pose

Otot panggul ibu bisa mengencang dan terasa sakit setelah melahirkan. Pose yoga ini bisa membantu merilekskan dan meregangkan otot secara lembut untuk menghilangkan rasa sakit. Olahraga ini dilakukan dengan cara:

BACA JUGA :  Pria Ini Menangis Melihat Istri Melahirkan dan Kembali Tersenyum

• Berbaring telentang, kemudian tarik lutut ke arah dada. Buka lutut sedikit lebih lebar dari pinggul.

• Letakkan lengang di bagian dalam lutut, gunakan tangan untuk memegang bagian luar kaki atau pergelangan kaki.

• Tekuk lutut sehingga bagian bawah kaki menghadap ke atas. Kemudian tarik perlahan kaki ke bawah untuk menurunkan lutut ke permukaan.

• Fokuslah untuk mengendurkan otot panggul saat ibu berusaha menahan pose ini selama sekitar 90 detik.
Manfaat Olahraga Setelah Melahirkan

Olahraga setelah melahirkan faktanya memberikan manfaat bagi ibu bari. Jika olahraga dilakukan secara teratur setelah melahirkan, manfaat yang dirasakan yaitu:

• Menunjang penurunan berat badan.
• Meningkatkan kebugaran kardiovaskular.
• Memperkuat dan mengencangkan otot perut.
• Meningkatkan energi.
• Menghilangkan stres.
• Tidur lebih berkualitas.
• Mengurangi gejala depresi atau baby blues pascapersalinan.

Selain melakukan kegiatan olahraga, mencari waktu berolahraga juga menjadi hal yang menantang setelah merawat bayi baru lahir. Belum lagi perubahan hormon membuat ibu emosional dan beberapa hari pascapersalinan ibu mungkin merasa terlalu lelah untuk berolahraga penuh.

Namun, ibu jangan menyerah. Carilah dukungan dari pasangan, keluarga, dan teman-teman. Buat jadwal untuk aktivitas fisik.

Berolahraga bersama teman bisa membuat diri lebih termotivasi. Tidak ada salahnya untuk membawa bayi, baik di kereta dorong saat berjalan atau berbaring di samping ibu di lantai saat melakukan latihan perut.

Berolahraga setelah melahirkan mungkin tidak mudah, tapi jika dilakukan bisa memberikan kesejahteraan untuk tubuh dan mentah. Dengan olahraga ibu juga akan mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk merawat bayi yang baru lahir.

spot_img
spot_img

Headline